FAMILY

Ragam Khasiat Bahan Herbal untuk Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Sandra Odilifia
Jumat 13 November 2020 / 14:18
Jakarta: Pada masa kehamilan, ibu cenderung merasakan ketidaknyamanan. Biasanya, hal yang sering dialami seperti mual dan muntah, edema atau terjadinya pembengkakan, serta rasa nyeri pada persendian.

Kebanyakan para ibu hamil dan pasca persalinan meredakan ketidaknyamanan tersebut dengan ramuan tradisional. Namun belum banyak yang mengetahui manfaatnya secara signifikan.

Agar penggunaan bahan herbal bisa lebih maksimal, ketahui bahan-bahan herbal yang bisa dikonsumsi oleh ibu di periode kehamilan dan pasca persalinan seperti rekomendasi herbalis Asri Saraswati Iskandar berikut ini:
 

1. Jahe


Biasanya ibu-ibu yang sedang hamil sering merasakan mual. Jahe bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa mual saat hamil.
 

2. Kunyit dan temulawak


Kunyit dan temulawak bisa mengobati cedera dalam, jaitan luar, dan juga luka infeksi pasca persalinan.
 

3. Ketumbar


Ketumbar memiliki banyak bahan aktif yang baik untuk ibu pasca persalinan dan dapat meningkatkan produksi asi selama periode menyusui.

"Ketumbar juga anti bakteri, anti oksidan, dan meningkatkan produksi ASI. Jadi, terkadang ada ibu-ibu yang kesulitan memberikan asi, tentunya dengan minum ini tapi juga di seimbangkan dengan level stres," ujar Asri.

Dalam webinar Combiphar, Asri menegaskan, penting untuk mengonsumsi ASI booster dan ketumbar dibarengi dengan keseimbangan level stres.
 

4. Madu


Madu dapat meningkatkan kadar Hemoglobin untuk ibu selama masa kehamilan dan juga pasca bedah sesar.
(FIR)