FAMILY

5 Tips Jitu agar Mainan Anakmu Enggak Bikin Rumah Berantakan

Kumara Anggita
Jumat 15 Januari 2021 / 06:00
Jakarta: Mainan anak menjadi sesuatu yang membuat rumah menjadi berantakan. Untuk itu, orang tua baiknya harus tahu cara merapikannya agar rumah bisa tetap rapi dan terlihat bersih.

Berikut lima tips agar rumah enggak berantakan seperti dikutip Prima.co.uk:
 

1. Sediakan tempat untuk segalanya


Selalu ada beberapa mainan anak yang enggak bisa kamu apa-apain. Bingung untuk dibereskan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus sediakan beberapa kotak penyimpanan dengan ukuran berbeda. Beli kotak besar untuk mainan besar dan yang lebih kecil untuk pesawat model tipis, tabung gelembung, dan bola-bola.

Jika anak kamu tahu bahwa segala sesuatu, maka mereka jadi lebih mudah untuk menjaga segala sesuatunya tetap rapi.
 

2. Pilih penyimpanan mainan yang menarik


Jangan memasukkan semuanya ke dalam kotak penyimpanan plastik yang itu-itu saja. Selain tidak bagus untuk dilihat, kotak ini juga sulit diakses oleh tangan si kecil.

Pilihlah kotak mainan yang praktis namun bergaya. Lego membuat beberapa kotak bagus dalam berbagai ukuran dan warna yang menumpuk seperti Lego standar. Kotak kereta mainan yang dapat diputar juga berguna, karena ini dapat dengan mudah dipindahkan dari dapur ke ruang bermain.
 

3. Manfaatkan mainan lucu untuk pajangan


Beberapa mainan kecil sangat manis, sehingga dapat digunakan untuk membantu menata ruangan. Letakkan mainan yang menggemaskan di ujung tempat tidur atau ranjang bayi. Kamu juga bisa meletakkan beberapa mobil di dekat jendela.
 

4. Sediakan tempat mainan di setiap ruangan


Mainan cenderung tidak berada di kamar tidur atau ruang bermain. Jika anak-anak kamu suka bermain permainan papan atau membuat teka-teki jigsaw dengan kamu di atas meja kopi, sediakan rak atau laci di ruang tamu untuk menyimpan barang-barang ini.

Jika kamu hanya ingin mereka mewarnai dan mengecat di meja dapur, coba cari tempat untuk barang-barang yang berantakan di sini juga.
 

5. Bersih-bersih secara teratur


Anak-anak dengan cepat move on dari mainan mereka. Setiap beberapa bulan kamu perlu memeriksa barang-barang mereka dan menyisihkan semua buku, permainan, dan mainan yang sudah lama tidak mereka sentuh. Berikan kepada teman dan kerabat anak-anak yang lebih kecil, kasih ke tempat amal atau menjualnya secara online.
(FIR)