FAMILY

Manfaat Melatih Kebaikan Anak di Bulan Ramadan

Kumara Anggita
Jumat 16 April 2021 / 13:13
Jakarta: Selain mengajarkan anak untuk berpuasa, kamu juga perlu untuk mengajarkan kebaikan pada anak di bulan suci Ramadan ini. Salah satu kegiatan baik dan sederhana yang bisa kamu ajarkan ke anak adalah berbagi.

Menurut Psikolog, anak Fathya Artha Utami, MPsi, cara ini bisa membantu menumbuhkan jiwa sosial anak. Sebab diketahui, mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak dini sangat penting untuk membekali mereka tumbuh secara menyeluruh.

“Tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga memiliki kebaikan hati. Dengan begitu anak-anak dapat menjadi pribadi yang produktif dan berjiwa sosial di masa depan," ujar Fathya dalam konferensi pers virtual Bebelac.

Selain jiwa sosial yang berkembang, Fathya juga menyebutkan bahwa, mengajarkan kebaikan seperti berbagi bisa berkontribusi terhadap perkembangan sosial emosional anak. Anak bisa jadi lebih berempati.

“Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati,” ujar Fathya.

"Ada cara-cara sederhana yang dapat orang tua lakukan dalam keseharian. Misalnya mengajak anak untuk bersyukur, bercerita tentang pentingnya membantu sesama, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan,” sambungnya.

Tidak sulit bukan? Lakukanlah sekarang karena bulan Ramadan bisa menjadi waktu yang pas untuk melatih hal-hal tersebut.
(FIR)