FAMILY

Tips Pasangan Bebas Konflik Saat Puasa di Rumah

Kumara Anggita
Rabu 14 April 2021 / 15:30
Jakarta: Bulan Ramadan seharusnya dipenuhi dengan rasa kedamaian. Namun, konflik dengan pasangan bisa saja tetap tersulut mengingat di tengah kondisi pandemi dan banyak aktivitas dilakukan di dalam rumah dari mulai bekerja, bersekolah, hingga beribadah.

Untuk menghindarinya Konsultan Pernikahan, Indra Noveldy mengungkapkan bahwa ada hal-hal penting yang perlu diterapkan agar pasangan bebas konflik antara lain:
 

1. Komunikasi


Menurutnya komunikasi adalah satu hal paling penting dalam berbagi peran dan tugas di rumah. Dengan seperti ini, tugas tidak akan menumpuk di satu pihak. Satu sama lain pun merasa nyaman. 

“Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi perannya di dalam rumah tangga. Semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat, sehingga kalaupun ada konflik dapat diselesaikan dengan baik,” ungkap Indra dalam seminar virtual 'Berkonflik Sehat dengan Pasangan' kolaborasi GoPay bersama Parentalk.

“Setiap pasangan tentunya punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah Ramadan dapat berjalan dengan lancar,” lanjutnya.
 

2. Menyederhanakan tugas di rumah


Ia berbagi tips mengatasi konflik dengan pasangan, diantaranya dengan melakukan penyederhanaan tugas-tugas di rumah. 

Resolusi konflik dengan pasangan membutuhkan waktu dan energi yang besar, maka dari itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan tenang. Jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, seperti lupa bayar tagihan misalnya malah memicu ledakan konflik di rumah,” sarannya.

“Dengan sudah otomatisnya urusan teknis ini, suami istri bisa lebih memfokuskan energinya untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian lebih besar,” pesannya. 

Dengan menerapkan ini semoga di bulan suci Ramadan, konflik dengan pasangan bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan sama sekali ya. 
(TIN)