FAMILY

Kegunaan Tepung Jagung untuk Membersihkan Noda Minyak pada Pakaian

Raka Lestari
Rabu 18 November 2020 / 11:07
Jakarta: Ketika sedang menggoreng atau makan-makanan berminyak, sangat menjengkelkan jika sisa-sisa minyaknya tumpah atau terkena pakaian. Meskipun deterjen pada umumnya bisa menghilangkan noda minyak di pakaian, tetapi tidak semua deterjen memiliki kemampuan tersebut. Dan untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tepung jagung.

Dilansir dari The List, kemampuan tepung jagung dalam menghilangkan noda minyak pada pakaian terletak pada kekuatan penyerap super yang dimiliki tepung jagung. Tepung jagung dapat menyerap minyak dari kain yang terbuat dari bahan apapun.

Menurut PureWow, cara terbaik untuk menghilangkan noda bekas minyak pada pakaian adalah dengan mencampurkan tepung jagung dengan air sampai bertekstur seperti pasta dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pasta tersebut langsung pada titik di mana noda menempel pada pakaian. Entah itu noda yang masih baru atau sudah lama.

Biarkan pasta tepung jagung tersebut menempel pada pakaian selama semalaman. PureWow juga menyarankan untuk meletakkan handuk kertas atau kain lap di bawah area yang sedang terdapat pasta tepung jagung untuk berjaga-jaga jika ada warna yang keluar.

Kemudian pada pagi hari, (atau kapan pun kamu bisa melakukannya) cukup singkirkan pasta tersebut dan bekas noda minyak pada pakaian pun akan menghilang. Selain untuk noda minyak pada pakaian, tepung jagung juga ternyata bisa membantu menghilangkan noda bekas oli di permukaan aspal atau beton pada garasi.

The Spruce mengatakan bahwa tepung jagung bisa membantu untuk menghilangkannya. Meskipun memang, beberapa orang terkadang membiarkan saja noda bekas oli yang menempel pada permukaan beton atau aspal di garasi.

Apa yang harus kamu lakukan adalah hanya perlu mengambil tepung jagung kemudian menaburkannya ke bagian garasi yang terkena noda oli. Kamu bisa menaburkannya dalam jumlah yang banyak. Kamu perlu lapisan yang tebal karena mungkin ada banyak noda minyak yang membandel.

Setelah itu, biarkan tepung jagung selama beberapa jam kemudian kamu bisa menyapu atau menggunakan vakum untuk menyerap minyak yang menempel tersebut. Jika masih ada noda yang tersisa, kamu bisa menaburkan kembali tepung jagung.
(YDH)