FAMILY

3 Tips Psikologis Membuat Anak Semangat Makan

A. Firdaus
Rabu 15 September 2021 / 06:15
Jakarta: Masalah sering dihadapi pada ibu dalam memberikan makanan untuk bayi atau anaknya. Misalnya, mereka bingung karena buah hatinya sulit makan makanan dengan berbagai nutrisi.

Kondisi ini terkadang membuat orang tua frustrasi dan anak menganggap waktu makan sebagai situasi yang tidak menyenangkan. Padahal untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, membutuhkan komitmen baik dari orang tua maupun anak itu sendiri.

"Ada beberapa tips dari aspek psikologis yang bisa ibu terapkan untuk membuat anaknya lebih semangat makan, serta memberikan edukasi kepada anak tentang nutrisi dan menambahkan bumbu umami untuk memberikan rasa yang menggugah selera pada makanan,” jelas psikolog anak dan keluarga, Irma Gustana M.Psi.
 

1. Libatkan anak


Hal pertama yang harus dilakukan adalah melibatkan anak-anak agar tertarik untuk makan berbagai jenis makanan.
 

2. Persiapan


Kemudian persiapan, penyajian, waktu, hingga pendampingan saat makan bersama anak menjadi penting. Misalnya saat menyiapkan makanan, kita bisa melibatkan anak dalam berbelanja, berdiskusi tentang menu sehari-hari, memasak bersama dan belajar rasa baru seperti umami.

3. Bahan tambahan


"Perlu diingat bahwa pemilihan bahan tambahan pangan untuk menambah cita rasa seperti bumbu umami dapat menggugah semangat anak-anak untuk menyantap masakan yang dimasak bersama ibunya," imbuh Irma.
(FIR)