FAMILY

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan?

Raka Lestari
Rabu 21 Juli 2021 / 08:45
Jakarta: Banyak ibu sehabis melahirkan merasa khawatir dengan berat badannya. Berbagai cara dilakukan agar berat badan kembali seperti sebelum melahirkan. Namun, perlu diingat bahwa pada umumnya berat badan akan turun secara alami setelah melahirkan.

“Secara umum, seorang ibu yang baru melahirkan bisa memiliki harapan untuk kehilangan berat badan dalam waktu satu tahun setelah melahirkan bayinya," ujar Craig Salcido, MD, seorang OB-GYN di Orange County, Amerika Serikat.

Menyusui dapat membantu dalam hal penurunan berat badan. Dalam satu studi pada 2015, yang diterbitkan di Preventive Medicine, ibu di Amerika Serikat yang menyusui secara eksklusif setidaknya selama tiga bulan kehilangan lebih banyak berat badan.

Mereka juga lebih mungkin untuk kembali ke berat badan sebelum hamil setahun setelah melahirkan, dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui secara eksklusif atau sama sekali. Meskipun ini menggembirakan, penelitian lain menemukan hasil yang bertentangan.

Secara keseluruhan, tampaknya semakin lama ibu menjalani masa menyusui, semakin efektif dalam membantu mereka menurunkan berat badan.

"Cara teraman dan termudah untuk menurunkan berat badan kehamilan adalah makan makanan kecil sepanjang hari. Bukan tiga kali makan besar, untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk selalu memulai hari dengan sarapan, memilih camilan sehat, seperti kacang-kacangan, dan minum banyak air sepanjang hari," saran Salcido.

Selain itu, jangan lupa untuk rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Ingatlah untuk makan banyak buah dan sayuran karena mereka membantu memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan, sekaligus memecah timbunan lemak.

Tetapi jika kamu mendapati diri mengidam, mirip dengan yang kamu alami saat hamil maka tidak perlu khawatir. Beberapa ibu mungkin terus mengalami mengidam setelah lahir karena perubahan kadar hormon. Mengidam dapat mencakup apa saja mulai dari gula hingga kafein hingga protein.

"Jika kamu mengidam seperti saat sedang hamil, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat. Ini karena keinginan untuk mengidam makanan tertentu mungkin akan hilang dalam waktu enam bulan setelah melahirkan,” tutupnya.
(FIR)