FAMILY

6 Kesalahan Terbesar saat WFH, Kerja dari Tempat Tidur hingga Pakai Piyama

Sandra Odilifia
Selasa 23 Februari 2021 / 11:26
Jakarta: Sudah hampir setahun pandemi virus korona melanda dunia. Sehingga memaksa bisnis serta industri menutup kantor dan terus menginstruksikan karyawannya bekerja jarak jauh atau dari rumah.

Pengalaman kerja jarak jauh masih cukup baru, karena banyak karyawan yang belum puas dengan ide tersebut. Dengan begitu, banyak yang akhirnya membuat kesalahan saat bekerja dari jarak jauh yang tanpa disadari memengaruhi produktivitas kerja kamu.

Melansir E Times, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bekerja jarak jauh atau kerja remote:
 

1. Bekerja dari tempat tidur atau sofa


Saat bekerja dari jarak jauh, kamu dapat bekerja dengan sangat nyaman dalam kehangatan rumah. Meskipun itu benar, kamu akhirnya membaringkan diri di tempat tidur atau sofa dan mulai bekerja tanpa menganalisis betapa berbahayanya hal itu bagi kesehatan fisik dan mental kamu.





Jadi, saat bekerja dari jarak jauh, belilah meja dan kursi sederhana untuk menghindari bekerja dengan santai di tempat tidur atau sofa.
 

2. Kurang komunikasi dengan tim


Bekerja secara terpisah dapat melelahkan, karena komunikasi yang kurang lancar seringkali terjadi. Bekerja jarak jauh meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan merasa diabaikan. Jadi, manajer tim harus memastikan ada komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja karyawan dan jika mereka menghadapi masalah.
 

3. Tidak membuat batasan di rumah


Akan selalu ada pekerjaan dan gangguan lain di rumah saat bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja bahkan di rumah, yaitu dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, minta kepada keluarga untuk tidak diganggu, dan buat batasan tentang berinteraksi saat kamu berada di tengah jam kerja.



Hal ini akan membantu kamu tetap fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumahmu.
 

4. Mengabaikan kesehatan


Ketika mengakar ke satu ruang di rumah saat bekerja, kamu tidak menikmati aktivitas fisik kecil yang biasa kamu lakukan di kantor. Seperti berjalan dari satu meja atau ruang konferensi ke ruang lain, berjalan ke kafetaria dan lain-lain.

Sebaliknya, di rumah, kamu akan menemukan diri kamu dengan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki dan masih banyak lagi. Tidak heran, beberapa bahkan lupa makan siang!

Maka itu, sangat penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan saat bekerja di rumah, karena kesehatan harus selalu menjadi prioritas pertama terlepas dari tekanan di tempat kerja.
 

5. Tidak meningkatkan keterampilan secara keseluruhan


Meski banyak kekurangan, kerja jarak jauh sebenarnya juga bisa bermanfaat bagi seorang karyawan. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis dan verbal, mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi teknis yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan banyak lagi.

Singkatnya, jangan anggap remeh waktu ini dan hanya mengerjakan proyek yang ditugaskan, tetapi juga tingkatkan keterampilan kamu secara keseluruhan yang diperlukan untuk kerja jarak jauh.
 

6. Memakai piyama saat bekerja


Orang yang paling produktif dan sukses tidak pernah memakai piyama saat bekerja dari jarak jauh. Menggunakan setelan kerja sebelum kamu mulai bekerja akan memberi kamu pola pikir dan sikap yang benar.



Meskipun banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini, seseorang harus selalu berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi dan fresh saat bekerja di rumah. Ini akan memberi kamu suasana kantor yang sama, meskipun hanya di rumah.
(FIR)