FAMILY

5 Ciri Pasangan Manipulatif yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Raka Lestari
Kamis 29 Juli 2021 / 14:24
Jakarta: Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki pasangan yang manipulatif. Dan memang, manipulasi emosi terkadang sulit dikenali dan diatasi ketika berada dalam suatu hubungan. Sikap manipulative sendiri bisa sangat halus dan tidak disadari.

Akan tetapi, bagaimanapun bentuknya manipulasi dapat memnghacurkan hubungan dan menyakiti pasangan. Sikap manipulatif tersebut bisa benar-benar berdampak pada kebahagiaan seseorang. Menurut pelatih hubungan, Londin Angel Winters manipulasi bisa menjadi “musuh” dalam hubungan karena itu berakar dari sebuah kebohongan.

Untuk mengetahui apakah kamu berada dalam hubungan yang manipulatif, berikut ini adalah ciri-cirinya:
 

1. Membuatmu sulit menolak keinginannya


Seseorang yang manipulatif bisa terlihat sangat baik atau tidak berbahaya. Padahal mereka memiliki agenda tersembunyi yang mereka inginkan darimu.

Misalnya, ketika pasangan ingin kamu membersihkan mobilnya tetapi kamu tidak mau. Kemudian pasangan akan merespon dengan raut wajah yang memelas atau bisa juga mengancam. Dengan begitu, kamu jadi terpaksa melakukan apa yang mereka inginkan.
 

2. Mengontrol dirimu


Manipulasi adalah tentang kontrol. Salah satu taktik yang digunakan untuk mendapatkan kendali adalah mengeluarkan seseorang dari 'kehidupan' mereka.

Jika kamu selalu pergi ke tempat-tempat favorit pasangan, bermain bersama teman-teman pasangan, dan segala sesuatu yang berpusat pada pasanganmu, ini bisa menjadi taktik manipulasi yang dirancang untuk membuat pasangan memiliki kendali terhadap dirimu.
 

3. Melakukan love-bombing


Love-bombing ditandai dengan romansa yang tidak konsisten. Pasangan mungkin sesekali menghujani dengan perhatian dan sanjungan. Entah itu dalam bentuk SMS, panggilan telepon, atau hadiah, tapi kemudian tiba-tiba menghilang. Atau menjadi murung dan kasar tanpa. Ini semua berfungsi untuk mempercepat laju suatu hubungan sehingga kamu menjadi tergantung pada kasih sayang mereka.
 

4. Melakukan gaslighting


Jika kamu menyadari bahwa pasangan secara terus menerus berbohong kepadamu, dan membuatmu jadi tidak percaya pada diri sendiri dan persepsi yang kamu miliki, kemungkinan kamu sedang dimanipulasi. Sikapnya tersebut sengaja dilakukan untuk membuatmu merasa tidak aman dalam hubungan, dan lebih percaya kepada mereka daripada percaya kepada dirimu sendiri.
 

5. Mendiamkan ketika sedang bertengkar


Sikap ini bisa juga disebut dengan silent treatment. Kondisi ini terjadi ketika pasangan benar-benar mengabaikanmu, daripada menjelaskan secara jelas mengenai perasaan mereka.

Di sisi lain, mereka bisa menjadi sangat agresif untuk memanipulasi dengan meninggikan suara mereka. Sehingga tidak memberikanmu kesempatan untuk berbicara dengan tujuan mengintimidasi atau membuatmu meminta maaf.
(FIR)