FAMILY

Pentingnya Peran Perawat dalam Menghadapi Kanker Payudara

Kumara Anggita
Rabu 21 Oktober 2020 / 06:00
Jakarta: Dinyatakan terkena kanker payudara adalah hal yang tak mudah. Namun, peran orang di sekitar yang mendukung pasien akan sangat membantu. Di sini, dibutuhkan sosok caregiver atau perawat. 

Caregiver memainkan peran yang sangat krusial dalam proses pengobatan pasien kanker payudara metastatis, karena menyangkut berbagai aspek mulai dari kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek keuangan yang dihadapi pasien. 

Pasien dengan kanker stadium lanjut seperti kanker payudara metastasis, memiliki pilihan pengobatan jangka panjang yang dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik. 

Di sini dibutuhkan dukungan perhatian dan psikososial guna membantu mengatasi tekanan psikologis pasien dan untuk membantu kesembuhan pasien tersebut. 

“Aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastatis selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan oleh dokter dan setelah dirawat di rumah sakit oleh perawat,” ungkap DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik dalam webinar Pfizer. 

Dan sebenarnya, peran perawat ini bisa diisi oleh siapa saja di lingkungan pasien. Yang penting adalah orang tersebut memahami apa yang perlu dilakukan agar perawatan berjalan efektif.  

“Caregiving dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga, sepanjang dipelajari untuk meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien dan keluarganya, serta membantu meningkatkan kehidupan psikososial dari pasien,” ujar Ketua Makasar Cancer Care Community (MCCC) DR Dra. Nurlina Subair, MSi.
 

Terdapat beberapa hal perlu diketahui agar menjadi perawat yang seperti:


- Menjadi jembatan informasi yang baik 

- Bertindaklah sebagai teman curhat

- Pilih dan sajikan informasi yang baik dan benar

- Dorong pasien untuk bersosialisasi dengan kelompok support penyintas dan pasien kanker

- Masyarakat sekeliling juga berperan sebagai caregiver dengan memberikan semangat dan motivasi kepada pasien untuk meningkatkan kualitas hidupnya.


caregiver
(Program ASA DARA dari Pfizer Indonesia beri dukungan atas peran caregiver di masyarakat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Memberdayakan caregiver


Peningkatan pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat tentang pentingnya peranan keluarga dan komunitas sebagai caregiver kanker payudara metastatis yang efektif bagi pasien sangatlah penting. Dan hal ini terwujud dengan adanya program ASA DARA Pfizer. 

Program ASA DARA terbagi atas tiga pilar utama yaitu Asah, Asih, Asuh. 
 

Asah 


Merupakan program edukasi mengenai kanker payudara HR positif, HER2 negatif. 
 

Asih


Sebagai program bantuan pasien untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan memberikan kenyamanan serta keringanan dalam memperoleh terapi dari Pfizer setelah pasien berkonsultasi dengan dokter ahli kanker atau spesialis.

Asuh


Sebagai program bagi pemerhati dan pendukung kanker payudara metastatis melalui dukungan psikososial yang dibutuhkan pasien kanker payudara metastatis. 

“Program ASA DARA dalam salah satu pilar programnya yakni ‘Asuh’ memerhatikan dukungan atas peran caregiver di masyarakat,” ungkap Pfizer Indonesia Medical Affairs Manager dr. Dyana Suwandy.

“Pfizer mendukung proses dan upaya menjaga kualitas hidup pasien kanker payudara mestastatis tidak hanya dari aspek terapi inovatifnya saja. Kami bekerja sama dengan berbagai komunitas peduli kanker payudara metastatis dalam menyediakan dukungan psikososial yang dibutuhkan pasien."

"Menyelenggarakan program edukasi yang memberdayakan peran caregiver dalam pengobatan, bertukar informasi, pengetahuan serta memberikan dukungan nyata bagi peran caregiver di dalam organisasi penyintas kanker khususnya bagi pasien penderita kanker metastatis HR positif, HER2 negatif,” pungkasnya.
(TIN)