FAMILY

7M Aktivitas Ayah dan Anak yang Dapat Meningkatkan Bonding

A. Firdaus
Kamis 08 April 2021 / 16:33
Jakarta: Bekerja di rumah saat pandemi melanda, tentunya membuat para orang tua, khususnya ayah lebih banyak meluangkan waktunya bersama si buah hati. Jika kamu mengambil sisi positif dari pandemi ini, tentu situasi tersebut bisa dijadikan momen meningkatkan ikatan antara ayah dengan sang anak.

Untuk memanfaatkan momen tersebut, ada 7 aktivitas yang bisa ayah lakukan bersama anaknya, demi meningkatkan bonding, seperti yang diutarakan Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog Anak dan Keluarga, berikut ini:
 

1. Memandikan si kecil


Memandikan si kecil memang merupakan hal simpel. Tapi di balik kesederhanaan itu telah terjadi skin to skin body contact atau sentuhan kulit.

"Dari sentuhan kulit ini ternyata bisa menurunkan level stres anak. Lakukanlah ketika anakmu masih berusia 2,5 tahun. Sebab di atas 3 sampai 5 tahun, mereka sudah harus bisa mandi sendiri," ujar Irma.
 

2. Memakaikan popok


Ini merupakan momen emas, meski durasinya enggak lama, tapi ayah bisa meningkatkan bonding dengan si buah hati. Ayah bisa mengajak bicara, menampilkan wajah bahagia kepada si bayi.

"Manfaatkan momen ini menjadi sesutau hal yang luar biasa untuk ikatan orang tua dan anak," terang Irma.
 

3. Memijat


Aktivitas ini masih skin to skin body contact. Manfaatkanlah aktivitas tersebut karena kalau sudah remaja, anak sudah malas untuk dipegang-pegang.
 

4. Menemani sebelum tidur malam


Berbicara menjelang si buah hati tidur juga merupakan aktivitas yang baik untuk dilakukan. Meski si anak masih belum membalas percakapan ayah, paling tidak mereka bisa mendengarkan kosa kata dari ayah, sound yang berat dari ayah, dan anak bisa belajar pendengaran dari aktivitas ini.
 

5. Membacakan buku cerita


Meski terlalu berat untuk anak mencerna dari kisah yang dibacakan ayah, membacakan buku cerita menjadi konteks lain yang efektif untuk mengikat bonding antara ayah dengan anak.
 

6. Menenangkan saat menangis


Jangan cuma ingin bersama anak ketika mereka sedang anteng, temanilah saat anak ketika sedang menangis. Kalau bisa ayah mencoba menenangkan saat anak. Lama-lama jika terbiasa, ayah akan bisa menenangkan si buah hati.
 

7. Main bersama dan berolahraga


Aktivitas ini menjadi cara yang efektif untuk menurunkan stres anak. Ikatan antara anak dan ayah bakal terbentuk dari sebuah aktivitas yang bermanfaat ini, baik itu ketika bermain bersama atau selama berolahraga.
(FIR)