FAMILY

Tips Merawat Diri Bagi Orang Tua dalam Semenit

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 10:06
Jakarta: Menjadi orang tua adalah tanggungjawab yang besar. Ini karena dalam sehari, kamu bahkan tidak bisa punya waktu sendiri untuk beristirahat.

Namun ini bisa diatasi dengan menyisihkan setidaknya satu menit. Berikut tips merawat diri dalam waktu satu menit.


Nyalakan lilin


Dikutip dari Healthline, cahaya lilin membuat segalanya terasa sedikit lebih menenangkan. Tempelkan lilin di dekat wastafel dapur dan di meja kamar mandi kamu. Dengan begitu, saat kamu membuat makanan, mencuci piring, mandi, atau hanya ingin buang air kecil, kamu sudah dapat menikmati sejenak Zen.
 

Latih box breathing


Box breathing adalah teknik yang mudah dipelajari dan terbukti membantu orang menghilangkan stres. Kamu hanya perlu menghembuskan napas selama 4 detik, menahan napas selama 4 detik, menarik napas selama 4 detik, lalu menahan napas selama 4 detik. Cara ini dapat memperlambat tekanan darah dan membantu kamu merasa tenang. 
 

Tertawa


Lakukan apa pun yang perlu kamu lakukan untuk tertawa. Ini bisa lewat video kucing konyol, lihat meme, temukan klip dari komedian favorit kamu atau masih banyak lagi. Menurut Mayo Clinic, tertawa dapat menghilangkan stres dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan kamu.
 

Minum vitamin


Multivitamin harian memberi tubuh kamu nutrisi yang dibutuhkannya dan membantu kamu  merasa seperti benar-benar menjaga diri sendiri. Jika keadaan dunia atau rumah tangga kamu  mempengaruhi tingkat stres akhir-akhir ini, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen magnesium, yang dapat membantu mengatasi kecemasan.
 

Peluk seseorang


Raih pasangan atau anak kamu dan beri pelukan yang dalam. Memeluk bisa  terasa menyenangkan dan menghilangkan beban kamu sekejap.
 

Minum segelas air


Kamu tidak boleh sepelekan manfaat air. Pastikan kamu tetap terhidrasi setiap waktu. 

Mudah bukan? Jadi cobalah mana yang paling cocok denganmu!
(YDH)