FAMILY

8 Cara Menanamkan Kebiasaan Makan yang Baik pada Anak

Yuni Yuli Yanti
Senin 18 Oktober 2021 / 15:00
Jakarta: Asupan gizi yang seimbang memainkan peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan makan baik dari usia dini akan membantu si kecil menjalankan gaya hidup sehat saat ia tumbuh dewasa. Dan, pengetahuan akan nutrisi yang baik bisa diterapkan si kecil sepanjang hidupnya. 

Menurut dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp. A (K), anak memiliki lambung yang lebih kecil dari orang dewasa sehingga ia akan makan dengan porsi yang kecil-kecil dulu. Nah, untuk melengkapi asupan gizi seimbang harian dan mengimbangi energi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari termasuk belajar dan bermain, di sela-sela makanan pokok, si kecil membutuhkan camilan

"Namun, jangan sembarang dalam memberikan camilan ya. Orang tua perlu cermat dalam memilih camilan yang baik, sehat dan bernutrisi. Jika si kecil terbiasa mengonsumsi camilan yang kurang baik terus-menerus maka ini bisa mengganggu sistem imunnya. Diperkirakan bahwa 15-25 persen penyakit anak-anak disebabkan karena pemilihan camilan yang kurang tepat," ujarnya. 


(Usahakan untuk selalu makan bersama anak baik itu saat makan utama atau menikmati camilan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Dr. Attila menyebutkan ada delapan cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menanamkan kebiasaan makan yang baik pada anak, di antaranya:


1. Atur waktu makan dengan seluruh keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersama si kecil baik itu untuk santapan utama maupun menikmati camilan sehat.

2. Berikan makanan yang bervariasi dan seimbang dari semua kelompok sumber zat gizi.

3. Berikan makanan yang bisa dengan mudah dicerna oleh anak, seperti makanan yang sudah dipotong-potong kecil ataupun ditumbuk halus.

4. Bantu si kecil belajar menggunakan sendok atau milih camilan dengan kemasan siap santap.

5. Libatkan si kecil saat memilih dan mempersiapkan hidangan serta saat menata meja makan.

6. Jangan gunakan sembarang camilan sebagai “iming-iming”. Berikan pilihan camilan sehat seperti buah-buahan dan yogurt.

7. Ajarkan anak untuk membaca label pada kemasan makanan saat berbelanja.

8. Kurangi makanan siap saji di restoran. Tunjukkan pentingnya menikmati makanan bersama keluarga dengan hidangan sehat yang dimasak di rumah.

(yyy)