FAMILY

Cara Aman Konsumsi Ramuan Herbal untuk Ibu dan Bayi

Sandra Odilifia
Kamis 19 November 2020 / 17:08
Jakarta: Ramuan herbal dikenal kaya akan khasiatnya dan sudah digunakan sejak puluhan tahun yang lalu. Namun, meskipun diracik dengan bahan-bahan alami, kamu perlu mengetahui cara yang aman dalam mengonsumsinya untuk ibu dan bayi. Berikut ini yang perlu kamu perhatikan:
 

1. Perhatikan kandungan dalam bahan yang dikonsumsi


Ketahui apakah ada efek dan reaksi alergi pada ibu dan bayi. Kemudian, perhatikan kandungan, takaran saji, dan persentase Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada kemasan ramuan.

"Karena reaksi alergi ataupun efek bagi ibu dan bayi yang dikandung itu akan bisa membahayakan kesehatan baik ibu dan bayinya," ujar dr. Carlinda Nekawaty, ahli medis dari Combiphar.
 

2. Ketahui waktu yang tepat


Dr. Carlinda merekomendasikan interval konsumsi ramuan herbal minimal dua jam setelah ibu mengonsumsi obat-obat yang diberikan oleh dokter maupun multivitamin.

Ia juga menegaskan untuk mengetahui waktu yang tepat. "Bahkan pada masa kehamilan pun jika memang ada obat-obatan yang dikonsumsi, kita harus memperhatikan waktu yang tepat untuk bisa mengonsumsi bahan-bahan herbal yang lain," jelasnya.
 

3. Konsultasi dengan dokter


Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis untuk mengetahui kadar konsumsi ramuan yang tepat serta efek yang ditimbulkan. Terutama jika ibu memiliki kondisi kesehatan bawaan tertentu.

"Perlu untuk berkonsultasi sehingga kita mengetahui bahwa ada kadar konsumsi ramuan yang tepat dan efek yang akan ditimbulkan. Karena ada beberapa bahan herbal yang mungkin bisa saja berinteraksi dengan obat-obatan atau multivitamin dari dokter sehingga kita perlu mengetahui aturan pakai yang jelas," ujarnya.
(TIN)