FAMILY

Bumil, Hindari 5 Benda Berisiko Ini ketika di Rumah

Sandra Odilifia
Rabu 18 November 2020 / 19:05
Jakarta: Kehamilan adalah saat yang menyenangkan untuk merayakan dan memanjakan calon orang tua. Oleh sebab itu, para calon orang tua biasanya menghindari hal-hal yang dapat membahayakan ibu hamil seperti kafein, alkohol, dan makanan laut.

Namun, sebenarnya ada faktor lain yang dapat memengaruhi kehamilanmu, termasuk benda-benda yang ada di rumah. Jika diabaikan, hal ini dapat meningkatkan risiko keguguran, masalah janin, dan berdampak pada perkembangan kognitif bayi.

Melansir Times Of India, berikut ini daftar benda di rumah yang dapat membahayakan para ibu hamil:
 

1. Plastik


Plastik tidak hanya merupakan polutan yang buruk bagi lingkungan, tetapi juga bagi bayimu. Plastik diketahui mengandung jejak bahan kimia berbahaya seperti ftalat, yang dapat dengan mudah diserap melalui kulit atau dilepaskan saat kamu memanaskannya.

Bahan kimia ini telah dikaitkan dengan penyebab komplikasi janin yang parah dan memengaruhi pertumbuhan reproduksi pada bayi kecil.
 

2. Produk kosmetik


Beberapa produk yang paling sering digunakan, termasuk lipstik, sampo, toner dapat mengandung ftalat yang sangat berisiko bagi bayi.

Kandungan itu juga dapat membahayakan berat bayi dan menyebabkan penurunan mental serta meningkatkan risiko diabetes gestasional selama kehamilan.

Selain itu, ada pula kosmetik tertentu yang mengandung retinoid, bentuk sintetis dari Vitamin A. Hal ini berpotensi berbahaya untuk digunakan selama kehamilan karena dapat menyebabkan cacat lahir dan kelainan.
 

3. Semprotan pengusir nyamuk


Meskipun pengusir nyamuk berguna untuk melawan gigitan dan serangga jahat, obat ini mungkin tidak ramah untuk ibu hamil. Sekalipun aman, produk tersebut mengandung konsentrasi DEET dan bahan kimia lain yang sangat kecil di dalamnya, yang dapat meresap ke seluruh kulit.

Beberapa produk pembersih lainnya, seperti bola naftalena, aseton, dan pemutih juga dapat menyebabkan kerusakan. Maka cobalah ganti larutan repelan dan bahan pembersih ini dengan yang alami, atau pilih produk yang disertifikasi dan diuji.
 

4. Cat dinding


Cat dinding bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil karena mengandung timbal, bahan kimia beracun yang cukup mematikan.

Timbal dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan lahir prematur. Jadi segera hindari paparan timbal dan BPA. Jaga agar area kamu tetap lapang dan berventilasi, serta pilih produk yang bebas bahan kimia.
 

5. Polusi udara dalam ruangan


Polusi udara dalam ruangan sama mematikannya dengan polusi udara di luar ruangan. Dan mungkin kamu tak menyadari itu.

Jadi sebaiknya pertimbangkan memasang pembersih udara atau pelembab untuk mendaur ulang udara yang kamu hirup di dalam rumah. Itu juga akan memurnikan udara dari iritan lain seperti bakteri, virus dan kuman.
 
(FIR)