FAMILY

Jangan Buang Ampas Kopi, Bisa Berguna untuk 5 Kebutuhan Ini

Raka Lestari
Senin 26 Oktober 2020 / 16:56
Jakarta: Ampas kopi terkadang hanya berakhir di tempat sampah saja. Namun sebenarnya, jika kamu memiliki ampas kopi di rumah sebaiknya jangan langsung dibuang. Ampas kopi ini memiliki banyak kegunaan untuk perabotan rumah tangga.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat dari ampas kopi yang sudah tidak digunakan:
 

1. Memperbaiki furniture rumah


Apakah kamu memiliki retakan atau goresan kecil pada lemari kayu? Cobalah memperbaikinya dengan ampas kopi. Campurkan dua hingga tiga sendok makan ampas kopi dengan air, aduk sampai menjadi pasta. Setelah itu, campurkan dengan cat yang senada dengan lemari. Pasta tersebut bisa langsung digunakan untuk mengisi celah pada retakan atau goresan di furniture rumah.
 

2. Membersihkan mobil 


Untuk membuat mobil tetap segar dan bersih, letakkan wadah terbuka yang sudah diisi dengan ampas kopi di mobil. Ampas kopi yang diletakkan dalam mobil tersebut dapat menyerap bau tidak sedap serta bau menyengat pada mobil dengan cepat.


kopi
(Terutama jika ampas kopi kamu yang tanpa gula, bisa kamu gunakan untuk tambahan kompos tanaman di rumah. Jangan lupa keringkan terlebih dahulu ya sebelum kamu campur ke kompos tanaman. Foto: Pexels.com)
 

3. Mempercepat proses pengomposan


Ampas kopi juga merupakan bahan yang sangat bagus untuk ditambahkan pada pupuk kompos buatan rumah. Hal ini karena ampas kopi merupakan sumber nitrogen yang bagus untuk pupuk kompos di rumah, menurut Oregon State University. Untuk menggunakannya, taburkan ampas kopi pada cairan pupuk kompos lalu aduk sampai merata.
 

4. Menghilangkan bau hewan peliharaan 


Beberapa orang yang memiliki hewan peliharaan mungkin sering merasa kesulitan untuk menghilangkan bau hewan peliharaan mereka di dalam ruangan. 

Untuk mengatasinya, panaskan secangkir bubuk kopi yang baru digiling dalam wajan besi dengan api kecil. Setelah aroma kopi keluar, pindahkan wajan ke ruangan dan letakkan di ruangan. Setelah bubuk kopi dingin, bau hewan peliharaan akan menghilang.
 

5. Menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas


Kulkas merupakan tempat untuk menyimpan berbagai jenis makanan. Tidak heran terkadang kulkas memiliki bau tidak sedap karena campuran dari aroma berbagai makanan di dalamnya. Untuk menghilangkan bau tersebut, letakkan ampas kopi di dalam kulkas agar bau tidak sedap di dalam kulkas menghilang.
(TIN)