FAMILY

Tips Merawat Pakaian dari Bahan Wol

Yuni Yuli Yanti
Kamis 14 Januari 2021 / 18:49
Jakarta: Hal terbaik tentang pakaian dari bahan wol adalah jika dirawat dengan baik pakaian tersebut dapat digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama. 

Berikut adalah beberapa catatan dasar namun penting tentang cara merawat pakaian wol sebelum, selama, dan setelah kamu menggunakannya seperti diambil dari laman New Woman India. 
 

Teknik mencuci 

 

1. Membersihkan noda


Jika kamu tidak sengaja menumpahkan sestau pada pakaian wol, singkirkan secepat mungkin. Gunakan cairan pembersih noda yang bagus seperti Vanish atau Ezee.
 

2. Gunakan air dingin


Air dingin biasanya digunakan untuk cucian yang gelap, warna cerah yang bisa luntur, dan untuk pakaian wol yang ditenun longgar dibandingkan dengan kain katun dan sutra. Kain yang halus perlu dicuci hanya dengan air dingin. Selain itu, karena air dingin juga tidak melemahkan serat.
 

3. Gunakan kondisioner


Inilah yang cenderung kita lupakan. Pakaian bahan wol atau bukan, sebaiknya gunakan kondisioner kain setelah pencucian detergen untuk pakaianmu. 

Untuk pakaian wol, gunakan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk pakaian wol. Pastikan kamu juga mengencerkan kondisioner dengan benar ke dalam ember berisi air sebelum mencelupkan bahan wol ke dalamnya.
 

4. Peras dengan lembut


Untuk bahan wol, jangan pernah memelintir dan memerasnya untuk menghilangkan kelebihan air sebelum mengeringkannya. Sebaliknya, remas-remas dengan lembut, gulung dengan handuk Turki dan putar dengan lembut.


wol
(Salah satu cara merawat bahan dari wol adalah tidak dijemur langsung di bawah sinar matahari agar wol tetap dalam kondisi bagus. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

Teknik mengeringkan 

 

1. Hindari paparan sinar matahari langsung


Jangan biarkan pakaian wol yang baru dicuci terkena sinar matahari langsung. Dan, hindari menjemur pakaian wol dari sinar matahari selama lebih dari enam jam. 

Karena hal itu dapat melemahkan benang wol dan dapat mengubah warna bagian pakaian yang terbuka. Cukup letakkan bahan wol di atas rak yang lebih kering. Memang, ini akan memakan banyak waktu, tetapi itu selalu merupakan pilihan yang jauh lebih aman.
 

2. Keringkan di permukaan yang datar


Mengeringkan pakaian wol pada permukaan datar adalah teknik terbaik. Wol menjadi lebih berat saat basah, dibandingkan dengan kain lainnya. Menggantungnya di gantungan, batang, tali, dan lain sebagainya akan meregangkan tenunan wol yang basah dan berat sehingga pakaian mudah rusak. 
 

Merawat bahan wol 

 

1. Mengemas untuk bepergian


Saat kamu bepergian ke tempat yang dingin dan berpikir untuk memuat separuh bagasi dengan barang-barang wol, berikut beberapa tip mengemas yang harus dipertimbangkan:

- Ingat, jangan dilipat sebaiknya pakaian wol digulung baru dimasukkan ke dalam tas atau koper. 
- Hindari menjejali atau meniban barang-barang lain dengan pakaian wol.
- Jika memungkinkan, kemas wol dan pakaian lainnya secara terpisah di tas yang berbeda.
 

2. Meletakkan dalam lemari 


Saat menyimpan pakaian wol yang baru dicuci dan dikeringkan, yang harus kamu lakukan:  

- Sama seperti cara kamu mengemas pakaian wol untuk bepergian, gulung dengan longgar dan simpan di lemari pakaian.
- Kamu dapat melipat dan menyimpannya, tetapi pastikan tidak memasukkannya terlalu banyak dan membiarkannya memiliki ruang kosong.
- Simpan di tempat yang kering dan gelap.
- Taburkan beberapa bubuk antialergi dan antibakteri pada pakaian, karena kuman dan bakteri lebih aktif selama cuaca dingin.
(TIN)