FAMILY

Baru Punya Kartu Kredit? Begini Cara Menggunakan dengan Bijaksana

Kumara Anggita
Rabu 16 Juni 2021 / 19:11
Jakarta: Kartu kredit adalah kartu yang perlu digunakan dengan bijaksana karena tentunya kamu tidak mau melihat dirimu tenggelam pada hutang yang sulit untuk dibayar. 

Bila ini adalah pertama kali punya kartu kredit sendiri, ada baiknya kamu tahu beberapa hal dasar tentang penggunaan kartu kredit yang aman dan nyaman.

Berikut tips menggunakan kartu kredit dengan bijaksana yang dilansir dari beberapa sumber. 
 

1. Gunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan


Banyak kartu kredit yang bisa ditawarkan padamu dengan fasilitas yang besar. Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kamu mau menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja.
 

2. Jangan pakai kartu kredit terlalu banyak


Memiliki kartu kredit lebih dari satu tidak masalah namun pastikan kamu memang membutuhkannya. Semakin banyak kartu kredit yang kamu punya maka dana yang keluar juga akan semakin banyak lho. Kamu perlu untuk bayar biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya cetak tagihan dan lain-lain. Pertimbangkan itu dengan baik ya!



(Pertimbangkan dengan kemampuan kamu ya. Jangan tergoda dengan promonya karena kamu harus membayarnya setiap bulan. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Pikir panjang sebelum belanja


Dengan kartu kredit, memang kesannya kamu bisa beli apa saja karena kamu hanya perlu untuk gesek kartu tersebut di mesin. Namun, jangan tergoda ya! Tetaplah beli sesuai kebutuhan kamu dan sesuai dengan kemampuan kamu.
 

4. Abaikan tawaran merchant


Penerbit kartu kredit biasanya bekerja sama dengan sejumlah merchant. Dan mereka akan menawarkan berbagai layanan menarik untuk kamu. Pastikan kamu tidak asal beli atau bergabung saja. Bila memang tawarannya tidak kamu butuhkan, tinggalkan saja jangan ragu.
 

5. Bayar tepat waktu dan periksa tagihan


Pastikan kamu membayar tagihan sebelum jatuh tempo agar kamu tidak kena denda. Periksa juga tagihan yang keluar agar kamu tahu apa yang kamu bayar itu memang kebutuhanmu. Siapa tahu ada yang menggunakan kartu kreditmu.
 

6. Jangan tarik tunai


Kartu kredit memiliki fasilitas tarik tunai. Jadi kamu bisa mengambil uang di ATM seperti dari kartu debit. Namun, perlu kamu ketahui mengambil uang di ATM dengan kartu kredit dikenakan bunga besar sekitar 2,5 persen tiap bulannya. 

Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, bunga akan terus berkembang. Nah, jadi pertimbangkan baik-baik dalam hal ini ya.
(TIN)