FAMILY

3 Nutrisi Penting di Trimester Pertama agar Kehamilan Lebih Kuat

Raka Lestari
Selasa 12 Oktober 2021 / 10:00
Jakarta: Kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang harus selalu terpenuhi, khususnya di trimester pertama kehamilan. Pada usia kehamilan 0-12 minggu, janin membutuhkan nutrisi baik demi menunjang perkembangannya.

Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) Rumah Sakit St. Carolus dr. Royanto Darmaputra, SpOG, pemenuhan nutrisi pada kehamilan trimester pertama merupakan hal mutlak yang harus diterapkan oleh wanita hamil.

Menurutnya, nutrisi yang wajib dipenuhi Bumil selama kehamilan trimester pertama antara lain :
 

1. Protein

Menurut dr. Roy, peran protein dibutuhkan agar semua bahan baku pembentukan jaringan tubuh dapat tercukupi. Selain itu, protein juga berperan dalam membantu sistem imun Bumil agar tidak mudah sakit.

"Kenapa harus protein? Karena protein adalah bahan baku utama pembentukan jaringan apa pun dalam pertumbuhan janin. Protein harus selalu terpenuhi, minimal satu butir telur setiap harinya," ujar dr. Roy.

Selain telur, rekomendasi makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi wanita hamil antara lain daging tanpa lemak, ikan dan juga kacang-kacangan atau tahu tempe sebagai sumber protein nabati.


(Protein harus selalu terpenuhi, minimal satu butir telur setiap harinya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Karbohidrat dan lemak sehat

Karbohidrat dan lemak merupakan zat pelengkap protein untuk menjaga stamina wanita hamil beserta bayi di dalam kandungan. Perubahan fisik dan juga emosional yang dialami bumil tentunya dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah.

Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari beras merah, gandum utuh, buah-buahan dan juga sayuran seperti kentang, jagung dan brokoli. Sementara, asupan lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, alpukat dan kacang-kacangan.

Meski karbohidrat merupakan sumber energi, tetap harus membatasi kuantitas konsumsinya. Menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan, wanita hamil disarankan untuk memenuhi asupan karbohidrat antara 300-350 gram setiap harinya.


(Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari beras merah, gandum utuh, buah-buahan dan juga sayuran seperti kentang, jagung dan brokoli. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral yang paling penting untuk Bumil trimester pertama adalah asam folat. Zat ini berperan penting dalam pembentukan sel otak bayi selama berada dalam kandungan. Sumber asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, asparagus dan juga alpukat.

"Kekurangan asupan asam folat pada Bumil dapat mengakibatkan kecacatan hingga gangguan penutupan tabung saraf di sumsum tulang bayi," ujar dr. Roy.

Ia menambahkan wanita hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral lainnya seperti zat besi, kalsium dan Vitamin B3.

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk pada janin. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan jantung, saraf dan juga otot calon jabang bayi. Sementara, vitamin B3 dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi saluran cerna, serta mengurangi rasa mual.


(Alpukat juga mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)