FAMILY

Melalui Kolaborasi, BenihBaik Luncurkan GEN AKTIF

A. Firdaus
Jumat 01 April 2022 / 19:15
Jakarta: Mengawali tahun 2022, BenihBaik.com meluncurkan program GEN AKTIF. Program ini untuk menginspirasi dan mengedukasi remaja di Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan potensi diri dengan membangun gaya hidup sehat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok.

Untuk menyukseskannya, BenihBaik.com merangkul Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) RI. Program GEN AKTIF ini akan diimplementasi di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Barat selama Februari hingga Juli 2022.

"BenihBaik.com sebagai organisasi yang telah dipercaya oleh jutaan masyarakat dan berbagai perusahaan sebagai jembatan kebaikan, dengan bangga meluncurkan program GEN AKTIF pada awal 2022 ini," ujar Andy F. Noya selaku pendiri BenihBaik.com.

"GEN AKTIF yang merupakan singkatan dari GENerasi SehAt dan KreaTIF, merupakan komitmen BenihBaik.com untuk mendukung pemerintah dalam menginspirasi, mengedukasi, dan mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri, dimulai dengan hidup sehat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok," sambungnya.

Permasalahan merokok di kalangan anak-anak sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama dan membutuhkan kerja sama semua pihak. Salah satu hal yang saat ini dipandang berkontribusi sebagai penyebab anak dan remaja merokok, ialah tingkat stres dan tekanan yang dirasakan seiring dengan kondisi pandemi. Anak dan remaja yang bersekolah dan beraktivitas dari rumah mengalami ruang interaksi sosial dan menghadapi pilihan kegiatan yang terbatas.

Program GEN AKTIF berupaya untuk menanggulangi permasalahan ini melalui edukasi dan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menyalurkan energi anak dan remaja secara positif. Program ini tidak hanya menargetkan siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat, namun juga guru dan tenaga kependidikan, serta orang tua.

Sekitar 1.200 siswa siswi SMP, SMA dan sederajat, 360 tenaga pendidik dan staf sekolah, serta 840 orang tua diharapkan dapat terlibat dalam program ini, yang mencakup kegiatan olahraga, edukasi gaya hidup sehat, kampanye media sosial #KamiGENAKTIF, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya edukasi.

Di samping peran sekolah, keluarga khususnya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung generasi muda Indonesia yang sehat, kreatif, dan berkarakter. Untuk itu, Ketua PKK DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, memberikan apresiasinya kepada program GEN AKTIF.

"Mewakili komunitas PKK DKI Jakarta, kami melihat program GEN AKTIF yang diinisiasi oleh BenihBaik.com sebagai program yang bermanfaat, bukan hanya bagi anak, namun juga orang tua. Kami mengajak para orang tua untuk turut menyukseskan program GEN AKTIF di DKI Jakarta ini," terang Fery.

Sebagai langkah awal, program GEN AKTIF telah dimulai sejak Februari hingga Maret di DKI Jakarta dan telah menjangkau sebanyak 400 siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat, 120 guru, dan 280 orang tua dari 53 SMP dan 30 SMA.

"Puncak bonus demografi yang akan dihadapi oleh Indonesia perlu diimbangi dengan kualitas diri penduduk usia produktif yang baik, baik dari kesehatan fisik maupun mental," jelas Andy F. Noya.

"Dengan melibatkan tidak hanya para remaja, namun juga keluarga (orang tua) serta tenaga pendidik dan sekolah, program GEN AKTIF berhadap dapat mendukung para remaja di DKI Jakarta semakin berprestasi, percaya diri, dan menjadi generasi muda andalan keluarga dan bangsa sekaligus diharapkan dapat menurunkan jumlah perokok usia remaja di Indonesia,” tutup Andy F. Noya.
(FIR)