FAMILY

Tanda-tanda Anak Mengalami Stres

Kumara Anggita
Kamis 22 Juli 2021 / 06:08
Jakarta: Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak orang yang mungkin mengalami stres namun tidak menyadarinya. Bahkan ini juga bisa terjadi di anak-anak.

Menurut Psikolog Anak, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi, orang tua bisa melihat anak stres dari perubahan perilaku sehari-hari. Ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan antara lain:
 

1. Lihat kualitas tidur anak


Tidur yang nyenyak adalah tanda bahwa anak merasa nyaman. Jika kamu melihat kualitas tidurnya menurut akhir-akhir ini, maka kamu perlu lebih waspada.

“Misalnya (sebelumnya) tidurnya enak-enak saja. Namun sekarang jadi banyak mimpi buruk. Atau jadi susah banget untuk dibangunkan,” jelasnya dalam Live IG @parentalk.id.
 

2. Aspek kemandiriannya mengalami kemunduran


Selain itu, anak yang sebelumnya lebih mandiri bisa tiba-tiba mengalami kemunduran. Contohnya adalah anak sudah tidak mengompol, namun jadi mengompol lagi.

“Sudah banyak aspek kemandirian yang dia bisa lakukan misalnya toilet training atau makan sendiri. Kok sekarang ngompol lagi? Kalau seperti ini, secara psikologis ada emosi yang terpendam. Cari tahu ada apa,” jelasnya.
 

3. Perubahan mood


Mood anak memang naik turun, namun dalam keadaan stres, anak mungkin jadi lebih rewel dibandingkan dengan biasanya.

“Anak memang ada tantrumnya, ngeyel dan lain-lain. Apalagi sudah bisa komunikasi kan suka negosiasi setiap hari. Tapi akhir-akhir ini perubahannya terlihat sekali. Misalnya nangisnya sampai buka baju padahal sudah usia 5 tahun. Ada perilaku lebih ekstrim,” ungkapnya.


Itulah tanda-tanda anak kemungkinan mengalami stres. Anastasia menganjurkan agar orang tua lebih mengenali emosi anak. Selain itu, aia menganjurkan agar orang tua dan anak untuk membuat waktu berkualitas.

“Maka dari itu, penting untuk orang tua memiliki quality time bersama anak agar suasana di rumah menjadi menyenangkan,” tutup Anastasia.
(FIR)