FAMILY

Gen Z, Ini yang Perlu Dilakukan untuk Wujudkan Resolusimu

Yuni Yuli Yanti
Selasa 05 Juli 2022 / 11:00
Jakarta: Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lazada dan ST22 Youth Empowerment (platform pengembangan komunitas anak muda), pada bulan Juni 2022 yang melibatkan lebih dari 1000 generasi Z dengan rentang usia 15-22 tahun di Indonesia menemukan sekitar 73,5 persen dari generasi Z mengakui bahwa passion yang mereka miliki sesuai dengan resolusi yang hendak mereka wujudkan di tahun ini. 

Namun, 80 persen responden menyatakan bahwa resolusi yang mereka rencanakan di tahun ini belum tercapai padahal sudah memasuki pertengahan tahun. 

Menurut Stevie Thomas selaku Founder ST22 Youth Empowerment, ada beberapa kendala yang kerap membuat resolusi belum tercapai. Pertama, dari dalam diri sendiri seperti rasa malas, padatnya aktivitas, kurang termotivasi (burn out). 

"Selain itu, faktor dari lingkungan juga misalnya keluarga, orang-orang terdekat, dan lingkungan pertemanan yang tidak mendukung resolusi mereka. Padahal, untuk mencapai resolusi itu butuh dukungan dari beberapa pihak," ujar Stevie dalam acara virtual 'Rumpi Bareng Lazada', Senin (4/7). 

Stevie mengatakan untuk mencapai resolusi kita membutuhkan dukungan baik moril maupun materil. Moril bisa kita dapatkan dari keluarga dan teman. Sedangkan, materil seperti jasa, fasilitas dan lain sebagainya yang kini bisa didapatkan dari ecommerce melalui ketersediaan materil yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, 67 persen generasi Z lebih menyukai belanja online untuk menunjang segala aktvitasnya. Alasannya, karena lebih praktis, efisien dan lebih banyak promo. 


(Irene Inonu dan Stevie Thomas. Foto: Dok. Istimewa)

Melihat fenomena tersebut, Lazada ingin mengajak dan mendukung Gen Z untuk kembali mencapai resolusi dan mengeksplorasi passion mereka. 

"Biasanya di pertengahan tahun, semangat kita mengejar resolusi seringkali mulai kendor. Oleh karena itu di momen pertengahan tahun ini, melalui Lazada Mid Year Sale 7.7 'Bikin Pol Tengah Tahun', kami ingin membantu mereka kembali semangat untuk mencapai apa pun yang menjadi resolusi mereka di tahun ini,” ungkap Irene Inonu, VP Marketing for Branding, Lazada Indonesia.

Sementara, Stevie menambahkan program-program yang mengetengahkan cara kembali semangat dalam mewujudkan resolusi seperti Lazada Mid Year Sale 7.7 'Bikin Pol Tengah Tahun' dari Lazada ini cocok untuk membantu generasi muda kembali semangat mencapai resolusi mereka.

"Jadi, dengan adanya  mid-year sale ini, bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam meningkatkan keahlian serta memfokuskan ambisi mereka dalam menggapai resolusi yang telah mereka tetapkan di awal tahun," pungkas Stevie.  
(yyy)