FAMILY

4 Ciri Kamu Pribadi yang Ambisius

Kumara Anggita
Selasa 04 Mei 2021 / 11:00
Jakarta: Memiliki sifat ambisius adalah hal diinginkan cukup banyak orang. Karena bisa mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Siapa saja bisa memiliki sifat ini termasuk kamu. Nah, untuk mengetahui bahwa kamu pribadi yang ambisius atau tidak, ada beberapa tanda atau cirinya lho. 

Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib menyatakan bahwa ada beberapa tanda seseorang itu ambisius dari Barsukova (2006), diantaranya:

 

1. Goals


Ia memiliki tujuan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, mendapatkan kesuksesan, top level of social and profesional, dan ingin memiliki posisi sebagai leader.

 

2. Motivasi berprestasi


Orang ambisius biasanya juga memiliki motivasi yang tinggi, keinginan kuat untuk mengembangkan diri, berusaha ‘melebihi’ pencapaian orang tua, dan berusaha ‘melebihi’ orang lain, serta keinginan untuk menang di semua kondisi. 


(Orang ambisius sikapnya juga dominan, suka mengatur dan kompetitif. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Konsep diri


“Orang ambisius memiliki konsep diri seperti ‘saya tidak kalah bagus dari orang lain.' Tak hanya itu, mereka juga tidak mudah puas dengan pencapaian pribadi,” ujarnya dalam instagram @yulsteve. 

Selain dua hal itu, orang ambisius juga sensitif terhadap kritik, baru merasa puas ketika melakukan sesuatu yang besar dan signifikan, dan suka belajar dari pengalaman, kesuksesan, serta kegagalan.
 


4. Attitude


Orang ambisius sikapnya juga dominan dan suka mengatur, kompetitif, selalu membandingkan diri dengan orang lain, kemauan untuk menantang kompetitor, marah ketika orang dengan kemampuan yang setara bisa lebih sukses.
(yyy)