FAMILY

Apakah Masih Bisa Menyusui ketika Payudara Jamuran?

Kumara Anggita
Kamis 25 Februari 2021 / 19:05
Jakarta: Salah satu masalah yang mungkin dialami ibu menyusui adalah ketika payudaranya jamuran. Menurut dr. Arum Dyah K. Breastfeeding & IYCF Counselor, kondisi ini bisa membuat ibu merasakan nyeri saat menyusui.

Menurut dr. Arum ada tanda-tanda bahwa jamur sudah tumbuh di payudara ibu. Berikut di antaranya:

- Rasa gatal dan perih pada payudara sebelum, saat atau sesudah menyusui ada

- Sensasi seperti terbakar payudara ibu atau rasa seperti ditusuk-tusuk.

- Ada bercak-bercak putih di lidah dan langit-langit mulut bayi.

Dan bila ini terjadi, kamu bisa periksa ke dokter untuk mendapatkan obat dan menjaga kebersihan di area sana. Selain itu, kamu tetap bisa menyusui buah hati dalam keadaan seperti ini. Pastikan yang diobati bukan kamu saja, namun juga bayinya.

“Tetap menyusui ya. Nanti pengobatannya sangat mudah dan cepat sebenarnya, tapi harus keduanya jadi ibu diberikan obatnya, bayi juga diolesi yang bercak-bercaknya dengan salep khusus anti jamur tersebut (yang diberikan dokter). Salep ini aman untuk bayi. Jadi jangan khawatir bila tertelan,” papar dr. Arum dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting.

Dokter Arum juga mengingatkan ibu untuk menggunakan ukuran bra yang pas untuk menyusui demi mengurangi gejala.

“Jenis bra apapun bisa tapi bila size saat menyusui berrtambah, usahakan tidak gunakan dulu yang berkawat atau jenis push-up bra ya. Yang lain-lain bebas asal rutin diganti saja,” ujar dr. Arum.

“Jika sedang aktivitas keluar rumah maka gunakan breastpad dan rutin ganti breastpad per dua jam. Jangan tunggu sampai penuh banget breastpad-nya,” tutupnya.
(FIR)