FAMILY

Cara Aman Menggunakan Body Lotion pada Bayi yang Baru Lahir

Raka Lestari
Rabu 03 November 2021 / 14:09
Jakarta: Bagi bayi, kulit adalah perlindungan pertama mereka dari dunia luar. Kulit bayi lebih tipis 30 persen dari kulit orang dewasa. Karena masih berkembang, sehingga mudah kehilangan  kelembapan, penelitian klinis mengungkapkan bahwa 63 persen bayi memiliki kulit kering.  

Karena lebih lembut dan rentan terhadap kekeringan dan risiko iritasi, perlu perawatan ekstra lembut untuk menutrisi, melembapkan, dan melindungi kulit bayi. Salah satunya dengan pemberian lotion bayi.

"Pada bayi baru lahir, setelah mandi bisa langsung diberikan lotion. Biasanya karena bayi tidak terlalu berkeringat, dimandikan sekali sehari juga sudah cukup," ujar dr. Arini Astasari Widodo SpKK, dalam acara Webinar Media Johnson’s Baby Skin 101, pada Selasa, 2 November 2021.

Setelah beberapa saat, kamu bisa menambahkan lagi lotion menjadi 2 kali sehari. Namun memang kebutuhan pelembap setiap bayi berbeda-beda. Pada bayi yang memiliki eczema, biasanya akan lebih kering kulitnya, sehingga perlu diberikan lotion lebih sering.

"Penggunaan lotion ini dilakukan untuk mengurangi penguapan air pada kulit bayi. Agar kulit tetap lembap ini kan berasal dari air dan minyak atau lemak," jelas dr. Arini.

Jadi kamu harus memberikan keduanya. Dengan menggunakan lotion, dapat membantu mengunci air atau kelembapa dalam kulit bayi.

"Ketika mereka mandi akan menyerap air, kita kunci dengan memberikan lotion sekitar 5 menit setelah mandi," tambah dr. Arini.

Agar kulit bayi tidak kering, dr. Arini menyarankan agar ketika mandi air yang digunakan tidak terlalu panas. Selain itu, cara mengeringkan kulit bayi setelah mandi juga perlu diperhatikan.

"Cukup tepuk-tepuk kulitnya, tidak perlu sampai menggosok-gosokkan handuk terlalu keras ke kulit bayi. Selain itu jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap. Ini karena pelembap sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit bayi," tutupnya.
(FIR)