FAMILY

Tips Agar Gaji Tak Habis di Tengah Bulan

Kumara Anggita
Kamis 05 Maret 2020 / 18:38

Jakarta: Mengatur keuangan adalah hal yang sulit khususnya bagi mereka yang baru mulai bekerja. Tanpa kontrol yang kuat, keinginan untuk menghabiskan gaji begitu besar sampai-sampai di tengah bulan semua sudah habis saja. 

Bila kamu tak mau hal ini terus terjadi, Syafirah selaku VP of preffered client Jouska Indonesia membagikan saran yang bisa mulai kamu terapkan dari sekarang.  

“Untuk yang baru kerja, mereka cenderung menghabiskan karena gaji pertama. Hal ini jadi kebiasaan. Habit kan terbentuk 90 hari ya. Ini jadi lebih susah untuk mereka mengatur uang. Harusnya sudah aware sama posisi keuangan. Dari awal pertama kali dapat kerja, sudah bikin perencanaan keuangan,” tuturnya. 

Perencanaan keuangan bisa dibuat dengan melihat total pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Dari setiap transaksi yang didata, kamu akan menemukan pengeluaran paling besar kemana. 

Selain itu, kamu juga perlu untuk membuat mindset yang sederhana. Walaupun, memiliki gaji yang berlebih, jangan langsung menaikkan standar gaya hidup.

“Caranya adalah jangan kecepatan naikin gaya hidup karena yang sering ini. Misal baru dipromote, yang misal di warkop maunya gofood terus. Itu tak sadar. Yang akhirnya income-nya habis. Kalau tahu, pura-pura tidak tahu ada kenaikan dari gaji dan gaya hidup. Kalau cepat naikin gaya hidup yang ada uangnya habis. Posisinya baru punya gaji sudah kepikiran mau nyicil handphone,” ujar Syarifah. 

embed

(Selain itu, kamu juga perlu untuk membuat mindset yang sederhana. Walaupun, memiliki gaji yang berlebih, jangan langsung menaikkan standar gaya hidup. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Bila ada kelebihan pemasukan dari sebelumnya, lebih baik kamu alokasikan ke tabungan. Dengan seperti itu, kamu bisa melihat bahwa ada hasil dari apa yang telah dikerjakan. 

“Kita kan pasti mikirnya dari income kita ada yang lebih. Itu kita tabung. Kita pastikan income kita tidak defisit. Tidak perlu ada spesifikasi dia first jober, retired,” tambahnya. 

Menyisihkan untuk plot tabungan bisa lebih efektif melalui cara budgeting daripada presentase. Ia memberi contoh misalnya kamu memiliki kenaikan gaji sekitar dua juta rupiah maka kamu bisa memasukkan uang kenaikan tersebut khusus ke plot tabungan saja. Dengan seperti itu, tabungan akan lebih banyak tersimpan. 

Mengatur keuangan dengan tepat dengan hidup lebih sederhana tentu dapat membuat kamu bertahan sampai akhir bulan. Jadi mulailah dari hari ini ya!


(yyy)