FAMILY

5 Ide Keluarga di Momen Hari Anak Nasional

Yatin Suleha
Kamis 22 Juli 2021 / 19:38
Jakarta: Tahun ini kita masih diliputi dengan pandemi covid-19. Dan Hari Anak Nasional tahun ini masih harus dirayakan di rumah saja.

Sedikit banyak pandemi juga membuat anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, berisiko meningkatkan kecenderungan sedentary lifestyle atau gaya hidup tidak aktif.

Dan tentunya sangat penting bagi orang tua dan keluarga untuk memastikan anak tetap sehat dan aktif dengan membangun kebiasaan sehat dan aktif. Ini tentunya penting karena berbagai penelitian menunjukkan pengaruh signifikan antara kebiasaan dengan kecenderungan kondisi anak di masa depan.

Jadi, walaupun masih pandemi dan banyak kegiatan dilakukan di rumah saja, bagaimana jika kamu dan si kecil melakukan hal yang menyenangkan di momen Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2021 besok. Yuk, sontek ide berikut ini!
 

1. Membuat kue bersama anak


Selain mendekatkan psikologis si kecil dengan keluarga, membuat kue juga bermanfaat untuk perkembangan anak. Ia belajar mengetahui nama dan tekstur bermacam-macam bahan. Meimbang bahan baku, membuat adonan, hingga menghiasnya melatih koordinasi mata, indra perabanya, serta mengasah kreativitasnya. 
 

2. Membacakan buku cerita 


Selain memupuk minat bacanya sedari kecil, membacakan buku cerita juga dapat memengaruhi perkembangan otak anak, mengembangkan imajinasinya, serta membiasakan si kecil untuk mau mendengarkan. Kamu bisa mencoba memberikan berbagai cerita rakyat khas Indonesia untuk memperkaya pengetahuannya.


badminton
(Bermain bulu tangkis bersama selain menyehatkan juga bisa sebagai pengisi waktu kedekatan di Hari Anak Nasional. Foto: Dok. City Atlentic Club)
 

3. Bermain bulu tangkis


Selain aktivitas di atas, bermain bulu tangkis juga bisa dilakukan di halaman rumah. Ajari dia berbagai teknik bulu tangkis agar ia lebih mengenal olahraga ini. Mulai dari cara memegang yang benar hingga teknik pukulannya. Kamu juga bisa bercerita bahwa bulu tangkis Indonesia juga harum namanya di luar negeri.
 

4. Menanam tanaman bersama


Menanam pohon di halaman depan atau belakang rumah bisa jadi aktivitas yang mengasyikkan juga. Berikan ia pilihan untuk menanam pohon yang ia senangi, buah-buahan atau tanaman hias. Cari informasi di website tentang cara menanam yang baik dan benar. Perkenalkan juga berbagai pupuk organik atau media tanam yang pas untuk setiap jenis tanaman.
 

5. Menonton film bersama


Nah, untuk mengakhiri sore menjelang malam, paling cocok kamu dan anak-anak untuk melihat film bersama. Mulai dari film Petualangan Sherina, Laskar Pelangi yang menceritakan kegigihan anak-anak dalam belajar dan sekolah, Garuda di Dadaku yang memberikan semangat bersama, atau memberikan pengetahuan tentang keindahan Timur Indonesia yaitu film Denias, Senandung di Atas Awan.

Nah beberapa referensi di atas bisa menjadi kegiatan kamu dan keluarga di Hari Anak Nasional di tahun ini. Jadi, selamat mencoba ya!

(TIN)