FAMILY

9 Tips Mengatasi Konflik dengan Pasangan

Sandra Odilifia
Senin 25 Januari 2021 / 09:00
Jakarta: Dalam suatu hubungan, tentu hal yang umum jika terjadi gesekan atau konflik. Hal itu karena setiap orang memiliki isi kepala atau pemikiran yang berbeda-beda.

Namun, jika memang kamu dan pasangan saling mencintai, pasti selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah.

Nah, biasanya penyebab utama pertengkaran dalam pasangan adalah kurangnya perhatian atau cara komunikasi yang buruk. Jika kamu sering bertengkar dengan pasangan, cobalah selesaikan masalah dengan tepat seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini:
 

1. To the point


Saat kamu tidak secara langsung memberi tahu apa yang membuat kamu terganggu, itu malah akan membuat kesalahpahaman dan keributan berkepanjangan lho! Sebaliknya, ungkapkan dengan jelas apa yang ada di pikiran kamu.
 

2. Saling menyalahkan


Saat mengungkapkan sesuatu, biasakan menggunakan pernyataan 'saya' atau 'I' statements tanpa menyudutkan pasangan kamu. 
 

3. Hindari kata 'Tidak pernah' dan 'Selalu'


Jangan membuat generalisasi tentang pasangan kamu, karena itu akan membuat pasangan kamu defensif.
 

4. Fokus pada masalah


Saat kamu ingin mengadakan diskusi yang konstruktif, tetap fokus pada satu masalah dalam satu waktu. Jangan menggabungkan masalah lain atau mengungkit masalah yang sudah berlalu ya!


konflik
(Dengarkan terlebih dahulu pasangan kamu untuk mencegah salah paham. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

5. Dengarkan pasangan kamu


Memerhatikan pasangan kamu akan mencegah kesalahpahaman dan tunjukkan kepada pasangan bahwa kamu benar-benar mendengarkan untuk memahami bukan hanya untuk menanggapi.
 

6. Jangan keberatan dengan keluhan pasangan kamu


Cukup mengeluh atau memulai kalimat kamu dengan 'Iya, tapi...', jangan secara otomatis menolak keluhan pasangan kamu. Itu membuat mereka merasa tidak berharga lho.
 

7. Lihat dari sudut pandang berbeda


Biasakan lihat dari sudut pandang pasangan kamu dan cobalah untuk memahami penyebab pasangan kamu marah. Hal ini akan membantu kamu meredam amarah saat konflik.
 

8. Jangan menunjukkan penghinaan untuk pasangan kamu


Hindari meremehkan, menyindir, atau menyebut nama saat berkonflik dengan pasangan kamu. Selain tidak sopan, tentunya hal ini hanya akan memperkeruh suasana.
 

9. Tahu kapan waktunya untuk waktu menyendiri


Ketika kamu menyadari bahwa kamu atau pasangan kamu menjadi terlalu panas, pertimbangkan untuk mengambil jeda dari argumen kamu. Sebaiknya saling menyendiri dulu untuk membantu kalian berdua tenang.

(TIN)