FAMILY

Pertimbangkan Ini Sebelum Menambah Adik untuk Si Kakak

Yatin Suleha
Rabu 13 Januari 2021 / 11:00
Jakarta: Melihat si kakak yang masih manja walaupun sudah duduk di bangku SD bukan alasan utama kamu untuk menambah adik untuknya. Dalam hal ini masih ada pertimbangan lainnya yang lebih kompleks dari hanya sekedar anak yang manja. Tentu saja itu bukan solusi utama.

Berbagai aspek misalnya finansial sudah tentu menjadi hal yang cukup challenging saat memiliki bayi. Membeli popok, baju-bajunya, dan susu formula jika ia sudah dua tahun. Bahkan beberapa ada yang menambah susu formula sebelum si kecil genap 24 bulan karena satu dan berbagai alasan lainnya. 

Dilansir dari Babycenter, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menambah adik untuk si kecil:
 

1. Kehidupan kamu


Pertimbangkan dulu tentang beberapa hal berikut ini dalam kehidupan kamu, antara lain:

- Apakah kamu sudah menemukan rutinitas yang pasti dengan anak pertama kamu?

- Apakah sistem pengasuhan anak kamu sudah berjalan baik selama ini?

- Apakah pada malam hari kamu dan keluarga sudah bisa tidur nyaman serta nyenyak?

- Apakah kamu serta pasangan sudah memiliki waktu untuk berduaan (ini termasuk kamu juga pasangan memiliki waktu bekerja tanpa khawatir dengan kondisi si kecil di rumah)?

- Apakah si kecil sudah siap dengan kehadiran di kecil? Dan apakah kamu sudah pernah berbicara dengan si kecil bahwa ia sudah siap untuk menjadi kakak. (Perlu diingat, bahwa bila bayi akan menghabiskan waktu serta tenaga kamu selama 24 jam selama 7 hari).
 

2. Kondisi finansial kamu


Menurut perhitungan pemerintah Amerika, paling tidak sebuah keluarga baru bisa menghabiskan uang sampai USD10.000 (sekitar Rp141.384.500).

Ini termasuk makanan, baju baru, pemeliharaan rumah, biaya kesehatan si kecil. Ada baiknya jika kamu mempersiapkannya dahulu jauh hari sebelum waktunya memiliki adik untuk si kecil.
(TIN)