FAMILY

10 Tradisi Lebaran Idulfitri Khas Orang Indonesia

Yuni Yuli Yanti
Rabu 12 Mei 2021 / 11:00
Jakarta: Idulfitri merupakan hari raya yang paling dinanti umat muslim di dunia. Di Indonesia, 
idulfitri lebih dikenal dengan istilah Lebaran. Karena julukannya saja sudah sangat khas, maka di Indonesia perayaan Lebaran pun sangat berbeda dengan di negara lain. 

Lebaran yang selalu dirayakan setiap tahun ini identik dengan berbagai tradisi menyenangkan yang sudah sangat melekat turun-temurun. Berikut sepuluh tradisi yang biasa dilakukan orang Indonesia saat Lebaran!

 

1. Mudik


Jelang Lebaran, mudik menjadi menjadi agenda wajib terutama bagi umat muslim yang tinggal jauh di luar kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, karena pandemi covid-19 yang berlangsung dua tahun ini, Pemerintah melarang aktivitas mudik untuk menghindari penyebaran virus corona. 
 


2. Ketupat


Hampir setiap negara memiliki makanan khas Idulfitri mereka masing-masing. Di Indonesia, saat Lebaran tak bisa lepas dari kehadiran Ketupat. Hampir setiap rumah akan menyajikan kuliner khas ini lengkap dengan berbagai lauk pendamping seperti opor, rendang, sambal goreng, dan lain sebagainya. 

 

3. Bagi-bagi THR untuk anak-anak


Yang paling ditunggu saat Lebaran tiba adalah tradisi bagi-bagi THR (tunjangan hari raya) terutama bagi anak-anak. Tradisi "salam tempel" di mana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan akan membagi-bagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil.


(Sungkeman adalah tradisi anggota keluarga yang berusia lebih muda akan baris dan memohon maaf dengan cara mencium tangan anggota keluarga yang lebih tua. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Halal bi Halal (sungkeman)


Idulfitri juga merupakan momen silaturahim dengan keluarga dan kerabat. Biasanya ada tradisi sungkeman, di mana anggota keluarga yang berusia lebih muda akan baris dan memohon maaf dengan cara mencium tangan anggota keluarga yang lebih tua atau dituakan.

 

5. Parcel


Parcel Lebaran juga salah satu tradisi Idulfitri yang cukup populer di Indonesia di mana orang-orang akan membagikan bingkisan kepada sanak-saudara atau kerabat yang merayakan Idulfitri. Isi dari parcel Lebaran umumnya berupa minuman dan makanan ringan khas Idul Fitri. Namun, tak jarang pula orang yang berkreasi dengan parcel Lebaran yang berisi hal-hal unik lainnya.

 

6. Takbiran 


Adalah tradisi mengumandangkan takbir pada malam sebelum hari raya Idulfitri yang biasanya dilakukan di masjid-masjid maupun arak-arakan keliling kampung dengan membawa bedug. Tradisi ini dilakukan oleh para pria dewasa maupun para anak-anak. Hal ini dilakukan untuk meramaikan perayaan lebaran.


(Parcel Lebaran juga salah satu tradisi Idulfitri yang cukup populer di Indonesia di mana orang-orang akan membagikan bingkisan kepada sanak-saudara. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


7. Baju baru


Sebetulnya pada hari raya Lebaran kita tidak harus menggunakan baju baru, cukup gunakan baju terbaik yang sudah kita miliki, bersih dan rapi. Namun, tradisi ini berkembang sehingga hari raya Lebaran identik dengan baju baru. Maka tak heran bila pusat-pusat perbelanjaan akan begitu padat pengunjung mulai dua minggu sebelum hari lebaran tiba.

 

8. Kue Lebaran


Nastar, kastengel, biji ketapang, sagu keju dan lain sebagainya merupakan kue yang wajib ada di meja saat Lebaran. Tradisi berkunjung ke rumah-rumah untuk halal bi halal juga menjadi kesempatan untuk mencicipi kue-kue khas lebaran di masing-masing rumah yang dikunjungi. 

 

9. Petasan dan kembang api


Satu lagi tradisi Lebaran di Indonesia yang tak kalah meriah dari malam Takbiran adalah petasan dan kembang api. Petasan umumnya dimainkan pada pagi hari setelah ibadah shalat Ied, sedangkan kembang api sudah memeriahkan langit di malam Takbiran.

 

10. Ziarah (nyekar)


Terakhir, tradisi ziarah yang biasanya dilakukan selepas salat Idulfitri atau di pagi hari Lebaran pertama. Orang-orang akan mendatangi pemakaman dan memanjatkan doa bagi keluarga dan juga kerabat yang telah pergi meninggalkan dunia.

(yyy)