FAMILY

Kiat Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel pada Pakaian

Raka Lestari
Selasa 18 Februari 2020 / 11:05

Jakarta: Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing memang sangat menggemaskan. Dengan wajah yang imut dan bulu-bulu yang tebal membuat kedua hewan tersebut sangat nyaman untuk dipeluk, atau bahkan tidur bersama mereka. 

Namun ternyata, bulu-bulu hewan peliharaan seperti anjing dan kucing menempel di mana saja termasuk pakaianmu.

Mungkin banyak orang berpikir dengan menggunakan mesin cuci bisa menyelesaikan masalah bulu-bulu hewan peliharaan yang menempel. Akan tetapi, bulu yang menempel pada serat kain justru bisa membentuk gumpalan ketika berada di dalam air yang bisa menyumbat saluran pembuangan di mesin cuci.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bulu-bulu hewan peliharaan yang menempel pada pakaian:

1. Singkirkan rambut bulu-bulu hewan peliharaan sebanyak mungkin dengan tangan. Selain menggunakan tangan, rol pembersih bulu atau selotip juga bisa digunakan untuk mengangkat bulu-bulu yang menempel pada pakaian. 

2. Atau gunakan sarung tangan karet yang kemudian ditambahkan sedikit air, kemudian letakkan tangan kamu di kain. Rambut dan serat akan menempel pada sarung tangan karet yang lembap tersebut. 

3. Setelah kamu menyingkirkan sebanyak mungkin bulu, cobalah untuk menggoyangkan pakaian dan memastikan bulu-bulu yang tersisa bisa disingkirkan.

embed

(Setelah pengeringan selesai dan bulu-bulu yang menempel pada pakaian bersih, ambil pakaian dan kibas-kibas untuk memastikan pakaian sudah bersih. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

4. Lalu, masukkan cucian ke dalam mesin pengering. Masukkan satu atau dua baju yang akan dicuci ke dalam pengering. Pengering yang ada dalam mesin cuci dapat membantu menyingkirkan bulu-bulu hewan peliharaan. Atur pengering selama sekitar 10 menit dengan atau tanpa penghangat. Biarkan mesin pengering bekerja. Setelah itu, atur pakaian menggunakan tangan. 

5. Jika masih terdapat bulu-bulu yang menempel, bisa kembali keringkan pakaian. Setelah pengeringan selesai dan bulu-bulu yang menempel pada pakaian bersih, ambil pakaian dan kibas-kibas untuk memastikan pakaian sudah bersih. 

6. Setelah itu, barulah kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.

Selamat mencoba!


(yyy)