FAMILY

5 Tips Aman Merawat Anak saat Pandemi dan di Rumah Aja

Kumara Anggita
Sabtu 10 April 2021 / 12:05
Jakarta: Cara merawat anak di masa pandemi atau di rumah aja berbeda dengan cara merawat saat kondisi bumi ini normal. Kamu perlu lebih ekstra peduli, karena ada hal-hal yang tak terpenuhi di masa ini.

Mengutip dari Children Care Resources ada beberapa tips yang bisa dilakukan berdasarkan aspek kesehatan fisik, keamanan, hingga kesehatan mental. Berikut penjelasannya:
 

1. Kesehatan


Pastikan kamu dan anak-anak sekarang lebih bersih dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan mencuci tangan. Tak hanya itu, jika kamu ingin keluar dengan anak, minta mereka menjaga jarak dari orang lain dan ajari mereka agar tidak menyentuh wajah. Jangan lupa pula untuk selalu membawa pembersih tangan dan menggunakannya sesering mungkin.

Sering membersihkan dan mensterilkan mainan atau permukaan yang sering disentuh sangatlah penting lainnya. Kamu dapat menggunakan tisu pembersih, semprotan, atau membuat larutan sendiri dengan menambahkan 1 sendok teh pemutih ke dalam satu liter air.

Larutan ini aman untuk permukaan makanan tetapi hati-hati jangan sampai menyemprotkan larutan pembersih apapun di sekitar anak-anak. Larutan desinfektan yang lebih kuat dapat dibuat dengan 4 sendok teh pemutih untuk 1 liter air. Solusi ini tidak aman untuk permukaan kontak makanan.
 

2. Keamanan


Pastikan rumah dan pekarangan yang kamu punya aman untuk si kecil. Keamanan di area tersebut, termasuk tidur yang aman untuk bayi dan anak-anak. Pastikan tempat tidurnya aman, tempat bermainnya pun juga demikian. Pasangkan CCTV bila perlu untuk mengawasi keamanan anak.
 

3. Pemberian bimbingan


Anak-anak yang saat ini dalam pengasuhanmu kemungkinan besar sudah terbiasa dengan rutinitas mereka di sekolah, prasekolah, atau bahkan program bayi dan balita. Anak-anak merasa aman dan cenderung tidak menunjukkan perilaku menantang ketika rutinitas harian mereka dapat diprediksi. Ini membuat mereka merasa tidak tertantang dan sedikit frustasi.

Cobalah untuk menetapkan rutinitas yang jelas, batasan, dan mencontohkan kebaikan dan rasa hormat kepada anak-anak. Bentuknya berbeda-beda, tergantung pada usia anak.

Khawatir tentang bagaimana cara mengajar anak-anak yang kamu asuh? Jangan khawatir! Biarkan mereka bermain! Seperti yang dikatakan Fred Rogers, “Bermain adalah pekerjaan masa kecil.” Jadi mainlah yang banyak!

Kamu boleh ajak anak berjalan-jalan ke taman. Kamu dapat bermain petak umpet, menangkap, atau menjalankan balapan di luar ruangan. Dan ini akan membantu membakar energi dan stres.
 

4. Nutrisi


Lakukan yang terbaik untuk menyajikan makanan sehat dengan penekanan pada buah, sayuran, dan protein. Kurangi karbohidrat dan jauhi gula.

Gula cenderung mengarah pada perilaku hiper dan kemudian energi ambruk. Ini bukanlah hal  yang kamu butuhkan saat ini. Ajak anak ikutan masak biar mereka semakin selera untuk makan.

Dan jangan lupa juga untuk minum. Dehidrasi ringan mengurangi konsentrasi, kewaspadaan, dan ingatan jangka pendek pada anak-anak, jadi pastikan mereka minum air sepanjang hari.
 

5. Kesehatan mental


Ingat, merawat anak seringkali melelahkan. Ini juga pekerjaan emosional. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri.
(FIR)