FAMILY

Jenis-jenis Bully yang Biasa Dialami Anak

Kumara Anggita
Senin 25 Januari 2021 / 10:23
Jakarta: Salah satu hal buruk yang bisa terjadi pada anak di sekolah adalah ketika mereka mendapatkan bully atau penindasan. Perlu kamu ketahui bahwa penindasan yang mungkin ia terima bisa dalam bentuk yang beragam.

Dikutip dari Healthline, jenis-jenis penindasan yang biasa terjadi antara lain:
 

Penindasan fisik


Penindasan fisik adalah yang paling mudah dikenali karena itu adalah bentuk penindasan yang paling jelas. Jenis penindasan ini adalah tentang menggunakan tindakan fisik. Pelaku mungkin mendorong, menyandung, menendang, memukul, meludahi.  Menghancurkan properti anak juga termasuk dalam penindasan fisik.
 

Penindasan verbal


Penindasan verbal lebih sulit dikenali karena penindas hampir selalu beroperasi saat orang dewasa tidak berada di tempat. Penindas akan mengolok-olok korbannya, mengejeknya, menghina mereka, dan mengintimidasi mereka secara lisan.

Kata-kata yang menyakitkan ini dapat menghancurkan seorang anak dan meninggalkan luka emosional yang dalam.

Penindas verbal sering kali ditujukan pada anak-anak yang tampak rentan atau dianggap berbeda dari anak-anak lain. Dan jangan salah, ini dapat memiliki efek kesehatan mental yang bertahan lama.
 

Penindasan relasional


Sementara intimidasi fisik dan verbal adalah bentuk langsung dari intimidasi, intimidasi relasional adalah bentuk tidak langsung. Sebuah studi tahun 2009 tentang intimidasi langsung dan tidak langsung menunjukkan bahwa anak laki-laki lebih terlibat dalam intimidasi langsung, sedangkan anak perempuan lebih terlibat dalam intimidasi tidak langsung. 

Penindasan relasional (juga disebut penindasan sosial) tidak mudah dikenali karena sering kali terjadi di belakang orang yang di-bully. Penindas relasional biasanya bertujuan untuk meningkatkan status sosial mereka sendiri dengan mengurangi status anak lain.


Penindasan relasional adalah tentang:

- Merusak reputasi anak

- Menyebabkan penghinaan

- Menyebarkan rumor atau kebohongan

- Meniru anak itu

- Mendorong atau bahkan memberi 

- Penghargaan kepada orang lain untuk mengucilkan anak secara sosial
 

Penindasan yang merugikan


Penindas ini menargetkan mereka yang ras, agama, atau status sosialnya berbeda dengan mereka. Ini biasanya adalah sesuatu yang mereka pelajari dari orang tua atau orang lain yang dekat dengan mereka.
 

Penindasan siber


Ini didefinisikan sebagai agresi yang terjadi melalui teknologi digital seperti komputer, smartphone, media sosial, pesan singkat, dan teks.

Ini adalah bentuk penindasan yang sangat ganas karena alasan berikut:

- Pelaku perundung tahu bahwa sulit untuk menangkap mereka.

- Mereka bersembunyi di balik anonimitas dan mengatakan hal-hal yang tidak akan pernah mereka katakan secara langsung.

- Penindasan ini  terasa lebih permanen karena begitu pesan ada di dunia maya, pesan itu akan selalu ada.

- Target penindasan maya tidak pernah memiliki tempat berlindung yang aman karena pelaku penindasan dapat menjangkau mereka kapan saja dan di mana saja.

- Target sangat dipermalukan karena banyak orang mungkin tahu tentang penindasan.

- Remaja sangat rentan karena mereka selalu terhubung ke mana-mana. Pada usia ini, remaja memiliki kebutuhan yang mendalam akan konektivitas dan mungkin kesulitan mematikan perangkat mereka.
(YDH)