FAMILY

Tips Aman Staycation Bersama Anak di Masa Pandemi

Raka Lestari
Minggu 11 Oktober 2020 / 08:00
Jakarta: Beberapa orang tua mungkin merasa bosan jika harus berada di rumah saja selama pandemi covid-19 ini. Dan untuk menghindari kebosanan, orang tua mengajak anak-anaknya untuk berlibur atau hanya sekedar staycation di dekat rumah untuk menghindari potensi tertular covid-19.

Meskipun memang, cara paling aman untuk mencegah tertular covid-19 adalah tetap berada di rumah.

“Kalau traveling, biasanya yang menjadi masalah adalah di kamar hotel. Kamar hotel kan sudah dipakai oleh costumer sebelumnya, meskipun pastinya sudah dibersihkan oleh pihak hotel,” ujar dr. Cynthia Rindang K., Sp.A, dokter anak di RS Pondok Indah - Puri Indah, dalam acara Webinar 'New Normal for Moms and Kids' Kamis, 8 Oktober 2020 lalu.

Akan tetapi, menurut dr. Cynthia selama orang tua memastikan bahwa protokol kesehatan serta melakukan disinfeksi secara tepat tentunya hal tersebut cukup aman. 

“Dan saat melakukan aktivitas juga perlu hati-hati. Ketika menginap di tempat umum seperti hotel itu kan kalau sedang makan tidak pakai masker dan itu bisa menjadi sumber penularan,” ujar dr. Cynthia.

“Pada area makan merupakan chance terbesar kita untuk bisa terkena covid-19 karena pada saat itu kita tidak memakai masker dan juga menyentuh banyak barang. Untuk itu, pertimbangkan dengan matang jika memang harus bepergian meskipun hanya di kota sendiri,” saran dr. Cynthia.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk duduk berjauhan ketika sedang traveling atau staycation dan sebisa mungkin untuk menghindari kerumunan. 

“Ketika berada di tempat-tempat umum kan berarti kita menggunakan fasilitas yang juga digunakan oleh orang lain. Untuk itu orang tua harus memastikan hal tersebut aman dan sanitasinya baik,” tutup dr. Cynthia.
(TIN)