FAMILY

Bolehkah Ibu Hamil Minum Teh? Ini Jawaban Ahli

Raka Lestari
Jumat 18 Maret 2022 / 17:00
Jakarta: Mengonsumsi teh pada saat masa kehamilan justru sangat dianjurkan karena teh memiliki kandungan kafein yang rendah serta tinggi akan kandungan polifenol. Berbagai jenis teh juga bisa dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung antioksidan, mencegah mual, dan membuat rileks.

Menurut American Pregnancy Association, mengonsumsi teh herbal yang berasal dari akar tumbuhan, bunga, buah, dan sumber teh non-kafein sangat disarankan. Alasannya, karena jika wanita hamil mengonsumsi minuman atau makanan mengandung kafein, dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur.

Dilansir dari Parents, pada saat hamil salah satu teh yang baik untuk dikonsumsi adalah teh rooibos karena tinggi akan kandungan antioksidan dan rendah kafein. Sedangkan, teh yang sebaiknya dihindari adalah teh yang berasal dari daun raspberry karena dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Seperti namanya, teh herbal mengandung berbagai herbal dengan khasiat penyembuhan yang berbeda. Misalnya, jika kamu menderita gangguan pencernaan atau mual, teh peppermint mungkin bisa menjadi pilihan. Namun, bila kamu tidak menyukai teh peppermint bisa menggantinya dengan teh jahe. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk mengurangi gejala morning sickness. 


(Berbagai jenis teh juga bisa dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung antioksidan, mencegah mual, dan membuat rileks. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Menurut Amelia Hirota, D.Ac, perasaan cemas, insomnia, serta beberapa masalah lainnya mungkin bisa terjadi pada masa kehamilan maka mengonsumsi teh herbal lemon juga bisa menjadi ide yang baik. 

“Selain itu, teh daun jelatang juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk dikonsumsi pada pagi selama kehamilan karena itu sumber vitamin dan mineral yang luar biasa, termasuk zat besi, vitamin A, C dan K, dan kalium," kata Hirota.

“Pastikan teh yang kamu gunakan berasal dari daunnya dan bukan akar jelatang dan juga hindari konsumsi dalam jumlah besar selama trimester pertama,” tambah Hirota. 

Jika Moms begitu menyukai teh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi sesuatu yang baru. Hal ini untuk memastikan makanan atau minuman tersebut aman dikonsumsi selama trimester kehamilan.
(yyy)