FAMILY

Wanita, Ini 7 Perubahan yang Terjadi pada Tubuh di Usia 40

Yuni Yuli Yanti
Selasa 23 Februari 2021 / 09:22
Jakarta: Seiring bertambahnya usia akan ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh. Nah, perubahan tubuh pada wanita yang lebih terasa bahkan paling terlihat. Selain berat badan yang selalu bertambah, masih ada beberapa perubahan lainnya. 

Melansir Fustany, ada tujuh perubahan yang perlu kamu ketahui bahkan dari sebelum usia kamu menginjak 40, diantaranya:
 

Perubahan hormon dan menopause

Memasuki usia 40, beberapa wanita akan mulai mengalami menopause. Itu juga bisa terjadi di usia 50-an, karena setiap orang berbeda-beda. Menopause adalah saat siklus menstruasi berhenti. Menopause terjadi ketika kadar estrogen menurun dan ovarium berhenti memproduksi telur.

Namun, yang paling membuat perbedaan pada tahap ini adalah penurunan estrogen sehingga berpengaruh besar pada tubuh. Kamu bisa melihat peningkatan pertumbuhan rambut, di wajah atau tubuh, dan itu bisa mempengaruhi suasana hati. Juga, membuat wanita lebih rentan terhadap depresi dan kecemasan.

 

Sulit tidur 

Banyak hal yang terjadi pada tubuh setelah kamu menopause. Selain perubahan hormon, menopause juga dapat mempengaruhi tidur sehingga menyebabkan sulit tidur karena produksi melatonin tubuh menurun. Ini biasanya terjadi pada wanita berusia 50-an dan 60-an. Bila, kamu melihat masalah ini pada usia 40, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. 

 

Gairah seksual menurun

Keinginan seksual dapat menurun secara signifikan pada wanita di atas 40 karena berbagai alasan. Namun, yang paling utama karena perubahan hormonal dan penurunan estrogen yang dapat mengurangi hasrat untuk seks, sehingga mempersulit orgasme. Penyebabnya pun beragam bisa karena stres, lelah mengurus anak atau pekerjaan rumah tangga. 


(Penurunan estrogen bisa mempengaruhi suasana hati. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Kekeringan vagina 

Ini juga bisa terjadi karena penurunan hormon seks dalam tubuh, sehingga bisa menjadi sulit untuk merangsang aliran darah ke area ini. Otot-otot vagina bisa menjadi sangat lemah, terutama jika seorang wanita melahirkan secara alami, yang dapat mempengaruhi elastisitas vagina seiring bertambahnya usia.
 

Kesulitan menurunkan berat badan 

Mungkin mulai lebih sulit untuk menurunkan berat badan, karena penurunan proses metabolisme. Bahkan, jika kamu sedang diet, bisa jadi jauh lebih sulit untuk menurunkan berat badan daripada saat berada di usia 20-an dan 30-an, karena tubuh menyimpan lebih banyak kalori.

Solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh wanita di kelompok usia di atas 40 tahun adalah fokus pada pengaturan makanannya. Makan dalam porsi kecil dengan kalori rendah, tetapi manfaat kesehatan yang tinggi. Dan tentu saja, berusaha berolahraga sebanyak mungkin, meski hanya jalan-jalan setiap hari. Yang paling penting adalah bersabar dan beberapa perubahan akan mulai terjadi, mungkin perlu waktu lebih lama.

 


Kesulitan pencernaan 

Beberapa wanita mungkin memperhatikan bahwa sistem pencernaan menjadi lebih lemah. Mungkin lebih sulit untuk mencerna produk susu, karena tingkat enzim laktase yang lebih rendah, yang membantu penyerapan laktosa yang ditemukan dalam produk susu. Lebih baik menggunakan alternatif non-susu atau susu bebas laktosa. 


 

Tubuh lebih rentan terhadap kanker payudara 

Selain menjaga kesehatan tubuh, sangat penting untuk menyadari apa saja perubahan yang terjadi pada tubuh kita, sehingga kita bisa menjaganya dengan cara terbaik yang kita bisa. Kanker payudara lebih sering terjadi setelah usia 40 tahun dan paling umum setelah usia 50 tahun. Inilah mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mammogram seperti yang direkomendasikan oleh dokter. 

(yyy)