FAMILY

Ibu yang Terkena Covid-19 Boleh Tetap Kasih ASI?

Kumara Anggita
Senin 12 Oktober 2020 / 07:00
Jakarta: Terkena covid-19 saat melahirkan adalah mimpi buruk para ibu. Hal ini membuat mereka harus dijauhkan dengan bayinya. Lalu bagaimana dengan pemberian ASInya? Apakah ibu dengan covid-19 masih bisa memberikan ASI?

Menurut dr. Yogi Prawira, Sp.A (K), Konsultan Emergenis dan Rawat Intensif Anak FKUI-RSCM dan Ketua Satgas Covid-19 IDAI, ibu yang terkena covid-19 boleh memberikan ASInya sendiri.

“Walaupun ibu suspect atau sudah terkonfirmasi covid-19, sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan kalau virus ini ada di air susu ibu,” ungkapnya dalam Live Ngobrol Asik Medcom.id di Instagram.

“Jadi ibu tetap menyusui,” lanjutnya.

Menurut dr. Yogi, agar lebih aman, ibu bisa memerah susu dengan protokol yang tepat yaitu 3M. Ibu perlu menjaga jarak dengan orang lain saat perah, memakai masker, dan mencuci tangan. 

“Akan tetapi kalau ada kekhawatiran ketika ibunya batuk-batuk hebat banget. Kalau susuin langsung takut droplet terhirup ke bayinya dan positif, maka salah satu tekniknya dengan ASI perah (ASIP),” jelasnya.

“Jadi cuci tangan, pakai masker, perah ASI kemudian diberikan ke bayinya,” lanjutnya. Jadi, ibu tak perlu khawatir lagi. Selama ibu memerah dengan protokol kesehatan yang tepat, bayi akan aman minum ASI. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)