FAMILY

6 Tanda Kamu Memiliki Self-Esteem yang Rendah dan Cara Menanganinya

Kumara Anggita
Senin 14 Juni 2021 / 13:00
Jakarta: Memiliki Self-esteem atau lebih dikenal dengan harga diri ini mengacu pada bagaimana kamu melihat dirimu sendiri. Self-esteem merupakan istilah yang merujuk untuk mendeskripsikan nilai personal seorang individu, terhadap dirinya sendiri

Ini mencakup berbagai faktor termasuk identitas, kompetensi, dan perasaan memiliki serta masih banyak lagi. Self-esteem memainkan peran penting dalam berbagai bidang kehidupan, itulah sebabnya memiliki harga diri yang rendah bisa menjadi masalah serius.

Dikutip dari Verywell Mind, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki self-esteem yang rendah, seperti:

 

1. Tidak Percaya diri 


Orang dengan kepercayaan diri rendah cenderung memiliki harga diri yang rendah dan sebaliknya. Percaya pada kemampuan diri memungkinkan kamu mengetahui bahwa kamu dapat mengandalkan diri sendiri untuk mengelola situasi yang berbeda.

Kepercayaan diri ini berarti bahwa kamu merasa nyaman dan percaya diri menavigasi banyak hal berbeda yang mungkin kamu temui dalam hidup, yang dapat memainkan peran penting dalam kesejahteraanmu secara keseluruhan.

Memperoleh dan mempraktikkan keterampilan baru adalah salah satu taktik yang dapat kamu coba untuk meningkatkan harga dirimu tentunya.

 

2. Kurang kontrol


Orang yang memiliki harga diri rendah sering merasa bahwa mereka memiliki sedikit kendali atas hidup mereka atau apa yang terjadi pada mereka. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa mereka merasa  memiliki sedikit kemampuan untuk membuat perubahan baik dalam diri mereka sendiri maupun di dunia. 

Penelitian menemukan bahwa memiliki harga diri yang lebih tinggi dapat membantu meringankan beberapa efek negatif dari situasi yang pada akhirnya bermanfaat bagi kesehatan mental.


(Harga diri yang rendah menyebabkan orang fokus pada kekurangan mereka daripada kekuatan mereka. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Perbandingan sosial negatif


Perbandingan sosial terkadang dapat memberikan fungsi positif dan meningkatkan harga diri seseorang. Namun, membandingkan diri kamu dengan orang lain juga dapat berperan dalam merusak harga diri. 

Orang dengan harga diri rendah mungkin lebih cenderung terlibat dalam apa yang dikenal sebagai perbandingan sosial ke atas, atau membandingkan diri mereka dengan orang-orang yang menurut mereka lebih baik daripada diri mereka sendiri.

Perbandingan sosial ke atas ini tidak selalu buruk. Terkadang perbandingan ini bisa menjadi sumber informasi dan inspirasi untuk perbaikan. Namun, ketika orang dibiarkan dengan perasaan tidak mampu atau putus asa, hal itu dapat menghambat harga diri.

Media sosial juga dapat berperan dalam perbandingan tersebut. Jika kamu sering membandingkan diri  dengan orang-orang di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram, harga diri kamu mungkin mulai terpukul.


 

4. Kekhawatiran dan ragu pada diri sendiri


Bahkan setelah mengambil keputusan, orang-orang yang memiliki harga diri rendah seringkali khawatir bahwa mereka telah membuat pilihan yang salah. Mereka meragukan pendapat mereka sendiri dan mungkin sering tunduk pada apa yang dipikirkan orang lain daripada berpegang teguh pada pilihan mereka. Hal ini sering dapat menyebabkan banyak tebakan dan keraguan diri, yang mempersulit orang dengan harga diri rendah untuk membuat keputusan tentang hidup mereka.


(Ingat, membandingkan diri kamu dengan orang lain juga dapat berperan dalam merusak harga diri. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Bicara secara negatif pada diri sendiri


Harga diri yang rendah menyebabkan orang fokus pada kekurangan mereka daripada kekuatan mereka. Daripada membangun diri dengan self-talk yang positif, mereka tampaknya selalu memiliki sesuatu yang negatif untuk dikatakan tentang diri mereka sendiri. Mereka menyalahkan diri sendiri ketika ada yang salah dan selalu menemukan kesalahan dengan beberapa aspek dari diri mereka sendiri, apakah itu penampilan mereka, kepribadian mereka, atau kemampuan mereka.

 

6. Takut gagal


Karena mereka kurang percaya diri pada kemampuan mereka, orang dengan harga diri rendah meragukan kemampuan mereka untuk mencapai kesuksesan. Meskipun mereka mungkin takut gagal, mereka cenderung menghindari tantangan atau cepat menyerah tanpa benar-benar berusaha. Mereka juga akan menyembunyikan bahwa mereka tidak mampu. Mereka mungkin membuat alasan, menyalahkan faktor eksternal, atau mencoba mengecilkan pentingnya tugas.
(yyy)