FAMILY

3 Tips Kendalikan Emosi ala Najeela Shihab

Yatin Suleha
Selasa 05 Januari 2021 / 18:34
Jakarta: Sebagai orang tua yang mengajarkan si kecil memang terkadang merasa emosi. Baik emosi secara fisik dan maupun emosi secara psikis. 

Berbagai permasalahan anak, keluarga, keuangan memang bisa membuat semua orang emosi. Tentu hal ini wajar, tapi menurut Psikolog Najeela Shihab emosi itu bisa dikendalikan.

Diambil dari Instagram Parenting dan Keluarga/@talkparenting, Najeela memberikan tips mengendalikan emosi bagi orang tua.
 

1. Hindari hukuman fisik


Sebagai orang tua menurut Najeela sebaiknya hindari pengunaan hukuman fisik. "Hukuman fisik bisa memberi banyak dampak buruk bagi anak," tulis dalam sumber yang sama.

Dalam studi dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS juga mengatakan bahwa hukuman fisik bisa menyebabkan anak merasa memiliki harga dirinya rendah.
 

2. Berpikir rasional


Menurutnya saat orang tua emosi sebisa mungkin untuk berpikir rasional. Orang tua menurutnya harus bisa membedakan apa yang dirasakan dan apa yang akan dilakukan.
 

3. Belajar teknik kelola emosi


Ia juga menambahkan bahwa orang tua perlu belajar teknik mengelola emosi. Teknik mengelola emosi sudah banyak yang membahas dan bisa dicari dengan mudah di laman pencarian. Salah satunya katanya dengan berolahraga.

Banyak manfaat didapatkan dari olahraga sebagai salah satu langkah mengelola emosi. Dalam banyak literatur olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat kamu merasa lebih bahagia, santai, mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.
(TIN)