EXTERIOR

Asyik, Tanamanku Hidup Lagi Berkat 6 Cara Ini!

Mia Vale
Kamis 23 September 2021 / 17:26
Jakarta: Sangat menyenangkan bila memiliki tanaman baru di rumah. Apalagi bila ada bunga warna-warni yang mekar atau daunnya yang berwarna hijau segar.

Tapi, bagaimana bila kondisi tanamanmu sekarat, apa yang bisa dilakukan? Apa mungkin untuk menghidupkannya kembali? Rasanya, kamu harus mencoba enam cara yang telah dilansir dari Good earth plants. Ini dia yang bisa kamu upayakan di rumah!


tanaman
(Kelebihan air. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

1. Diagnosis: Kelebihan air


Biasanya ini adalah alasan nomor satu tanaman di rumah menjadi mati. Hal yang harus kamu lakukan, berhentilah menyiram terlalu banyak. Jika tanaman terlalu banyak disiram sehingga akarnya membusuk, "siram secara teratur" hanya akan memperburuk keadaan. 

Sering kali akar yang busuk memungkinkan patogen masuk ke dalam tanaman dan itu akan mati. Buang semua akar yang busuk dan ganti tanah yang telah berubah menjadi lumpur. 


tanaman
(Kekurangan air. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

2. Diagnosis: Kekurangan air


Jika tanaman layu karena kekurangan air, basahi tanah dengan memasukkan seluruh pot ke dalam bak cuci atau ember berisi air selama 15 hingga 30 menit. Jika kamu menyiram dari atas, kemungkinan akan mengalir ke bawah di sekitar sisi karena tanah telah menjadi kering atau mungkin mengeras. 

Biarkan tanah mengering secara menyeluruh dan jangan biarkan tanaman terendam air. Untuk menghidari kurangnya air, kamu bisa menanam tumbuhan yang membutuhkan penyiraman minimal. Misalnya, sukulen (tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya).


tanaman
(Akar terlalu padat dalam pot. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

3. Diagnosis : Menempatkan di pot


Akar terlalu padat dalam pot? Bila ini terjadi, segera kembalikan tanaman ke tanah segar. Biasanya ini harus kamu lakukan, karena tanaman tersendat, di mana akarnya terlalu padat.

Keluarkan tanaman dari pot, kendurkan dan pisahkan akar dengan lembut, lalu tanam di tanahs segar. Atau bisa juga pindahkan ke pot yang sedikit lebih besar. 


tanaman
(Terlalu banyak sinar matahari. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

4. Diagnosis: Terlalu banyak sinar matahari


Jangan biarkan tanaman dalam ruangan terbakar oleh sinar matahari yang kuat melalui jendela. Pindahkan mereka ke tempat yang dilindungi.

Jika melihat bercak coklat atau hitam pada daun di satu sisi tertentu tanaman, perhatikan apakah sinar matahari tengah hari terik dari jendela terdekat. Pangkas daun dan pindahkan tanaman dari sinar matahari langsung. 


tanaman
(Terlalu sedikit sinar matahari. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

5. Diagnosis: Terlalu sedikit sinar matahari


Berikan lebih banyak cahaya tidak langsung. Jika daun tanaman perlahan menguning, pucat, atau rontok, mungkin tidak mendapat cukup sinar matahari.

Sebagian besar tanaman rumah yang kuat dapat mentolerir sedikit penyalahgunaan, tetapi mereka membutuhkan sinar matahari dalam jumlah minimum untuk berkembang. Matahari tidak langsung yang cerah adalah tempat terbaik untuk memulai dengan tanaman. 


tanaman
(Terlalu banyak sinar matahari. Foto: Dok. Goodearthplants)
 

6. Diagnosis: Gagal tumbuh


Periksa kondisi pertumbuhan. Bila tidak ada penyebab yang jelas seperti penyiraman yang berlebihan, pastikan untuk tahu kondisi apa yang disukai tanaman, dan pastikan lokasinya menyediakan kondisi ini. 

Periksa, apakah suhu di rumah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Menempatkan tanaman di bawah ventilasi yang terkena udara dingin juga dapat menyebabkan masalah. 

Apa pun yang salah, satu hal yang tidak boleh dilakukan, yakni, menyuburkan tanaman yang sedang berjuang. Pupuk bukan sup ayam atau antibiotik. 

Yang dapat kamu lakukan adalah memotong daun atau batang yang sekarat. Sisakan setidaknya beberapa helai daun untuk menyerap dan memroses sinar matahari. 

Pastikan tanaman memiliki drainase yang baik dari dasar wadahnya. Ketika dia hidup kembali dan terlihat ada pertumbuhan baru, maka pertimbangkan pupuk umum yang larut dalam air untuk membantunya.

Namun, jika semua yang sudah kamu lakukan tidak berhasil, kamu akan tahu bahwa ada usaha di sana. Dan mungkin kamu belajar sesuatu untuk tanaman berikutnya. Jangan terlalu sedih ya? 
(TIN)