EXTERIOR

6 Tanaman Air Paling Populer, Cantiknya!

Mia Vale
Selasa 21 September 2021 / 19:55
Jakarta: Sering kali kita mengagumi tanaman yang tumbuh di suatu tempat. Apalagi kalau tanaman itu mempunyai bunga yang cantik.

Nah, dari sekian banyak tanaman yang ada di dunia ini, salah satunya adalah tanaman yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan berair. 

Mau tahu tanaman indah apa saja yang tumbuh di air? Ini dia beberapa diantaranya seperti dinukil dari Mindbodygreen:


tanaman air
(Bunga lotus. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

1. Lotus


Tanaman yang memiliki nama latin Nelumbo nucefera ini berasal dari India. Tangkainya berbentuk tabung kosong yang berfungsi sebagai jalan lewat udara. Dengan diameter daun mencapai 60 cm dan bunga yang bisa mencapai 20 cm, Lotus sangat cantik untuk dijadikan penghias kolam. 

Belum lagi permukaa daun yang memiliki lapisan lilin dimana saat dijatuhi air, daunnya akan membentuk butiran air. Bunga yang tumbuh ada beberapa warna, seperti putih, kuning, atau merah muda. 

Rimpangnya dapat dimakan dan banyak digunakan dalam masakan Jepang. Daunnya yang berukuran besar biasanya dijadikan bungkus makanan tradisional sebagai pengganti plastik.


tanaman air
(Bunga lili air. Foto: Dok. Wikipedia)
 

2. Bunga lili air


Tanaman kolam yang indah ini dicirikan oleh bunga-bunga menakjubkan yang mewakili semua warna dalam spektrum cahaya. Ada merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu (termasuk putih kolektif). 

Bunga lili air hanya tumbuh di air. Ini sangat ideal untuk kolam, air mancur dalam ruangan, dan akuarium. Bunga lili air tumbuh dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak perawatan. 

Ada dua variasi utama bunga lili air berdasarkan kondisi pertumbuhannya. The Hardy Water Lilies dan Tropical Water Lilies.  Bunga-bunga ini mekar di malam hari sementara yang lain mekar di siang hari. 


tanaman air
(Eceng gondok. Foto: Dok. Pinterest)
 

3. Eceng gondok


Merupakan tanaman air yang sudah tak asing lagi dikenal oleh banyak orang. Eceng gondok punya ciri tidak memiliki batang, daunnya tunggal dan berbentuk oval. Pun, eceng gondok hidup pada perairan yang dangkal dan mampu tumbuh dengan cepat.

Namun, eceng gondok memiliki dampak negatif bagi lingkungan, di antaranya adalah meningkatnya penguapan, menurunnya jumlah cahaya yang masuk ke dalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air, dan mengganggu transportasi air.


tanaman air
(Sweet flag. Foto: Dok. Atac)
 

4. Sweet fleg


Tanaman ini sangat ideal untuk wadah dan taman air. Ini sangat fleksibel, karena dapat tumbuh dengan jari-jari kakinya di dalam air atau sebagian terendam. Dedaunan yang indah berwarna hijau muda dan disorot dengan garis-garis kuning cerah. Tanaman hebat serba bisa yang menambahkan tempat cerah dan ceria ke fitur air apa pun!


tanaman air
(Taro. Foto: Dok. La1ere.francetvinfo)
 

5. Taro (talas)


Berasal dari daerah tropis Asia Tenggara yang berawa, talas (Colocasia esculenta), atau kuping gajah, sering dianggap sebagai “kentang tropis” karena umbinya yang mirip kentang dapat dimakan. Seperti kentang, umbi talas bisa dipanggang, digoreng, dikukus, direbus atau dihaluskan. 

Talas adalah tanaman lahan basah yang kuat yang dapat tumbuh di air hingga kedalaman satu kaki dan tumbuh subur di tanah yang basah secara konsisten. Daunnya yang besar seperti telinga gajah juga membuatnya menjadi tanaman hias dedaunan yang populer.


tanaman air
(Cattails. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

6. Cattails 


Tumbuh liar di sepanjang perairan dangkal di banyak kolam, danau, dan sungai. Mereka menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi burung-burung kecil dan serangga.

Tanaman cattails ini mendapatkan namanya dari kepala silindris yang berbulu, coklat, sepanjang kaki di ujung batangnya. Mereka lebih suka sinar matahari penuh dan akan menyebar dengan cepat.

Tak hanya enam tanaman ini yang bisa kamu nikmati keindahannya. Masih banyak loh, tanaman air yang bisa kamu jadikan tanaman hias. Bahkan, banyak pula tanaman air yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
(TIN)