EXTERIOR

Tips Menanam Bumbu Dapur dalam Pot

Sandra Odilifia
Senin 16 November 2020 / 16:19
Jakarta: Bumbu dapur merupakan item wajib yang harus selalu tersedia di dapur. Namun, rasanya pasti lebih menyenangkan jika kamu memiliki tanamannya sendiri di rumah.

Nah, jika tak memiliki lahan kamu tak perlu khawatir, karena kamu juga bisa menanam bumbu dapur di dalam pot. 

Seperti dalam akun resmi Instagram Kebun Kumara, Education - Edible Landscaping - Permaculture di @kebunkumara, menanam di dalam pot bisa lebih menguntungkan lho. 

Karena selain mudah diletakkan, ini juga bisa disesuaikan dengan ruangan yang kamu miliki dan bisa langsung menggunakan media tanam yang subur. Akan tetapi, supaya hasil tanaman bumbu dapur kamu lebih maksimal, ikuti tip-tips berikut ini dari Kebun Kumara:
 

1. Kenali jenis dan karakter pot kamu


"Jadi ada tanah liat, ada plastik, ada daur ulang. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya. Ini bisa disesuaikan dengan konteks kamu," ujar Sarah Adipayanti, manajer program pendidikan dan pengelola pembelajaran anak yang juga menjadi host dalam video tersebut.

Pot dari tanah liat terkesan cantik, ramah lingkungan, dan mudah menyerap air sehingga kondisi tanahnya cepat kering. Jadi ini cocok untuk tanaman-tanaman seperti rosemary. Pot tanah liat juga memiliki bobot yang berat, sehingga sulit untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kemudian, pot plastik memiliki bobot yang ringan, durable, dan banyak pilihan ukuran serta warnanya. Namun kemungkinan pot ini mudah retak, untuk menghindarinya cari pot plastik yang tebal.

Ketiga pot daur ulang. Dengan ini kamu bisa kreatif memanfaatkan barang bekas namun jenisnya bergantung pada ketersediaan. Biasanya pot ini cocok untuk benih yang baru disemai.




(Langkah-langkah menanamnya bisa kamu sontek di rumah. Video: Kebun Kumara, Education - Edible Landscaping - Permaculture/@kebunkumara)
 

2. Pilih ukuran yang sesuai


Wadah bisa disesuaikan dengan usia bibit. "Untuk bibit-bibit yang baru disemai, yang kecil gitu, kamu bisa pakai pot daur ulang, tetapi rumah terakhir mereka harus di pot yang besar," ujar Sarah.

Lebih lanjut, untuk bumbu dapur yang menjalar seperti mint, oregano, dan bumbu dapur dedaunan kecil minimal potnya adalah ukuran 20 cm. Sementara untuk bibit-bibit seperti kemangi, pandan, sereh itu minimal bisa menggunakan ukuran pot 35 cm.
 

3. Pastikan lubang drainase memadai


Pastikan lubang drainase memadai karena airnya harus bisa keluar dari pot. Sebab kalau tidak keluar, itu akan menggenang dan menyebabkan akar tanaman kamu busuk. Jadi jika memungkinkan, tambahkan jumlah lubangnya ya!

Selain itu, pastikan media tanam kamu berkualitas, bibitnya sehat, dan diletakkan di lokasi sesuai kebutuhan mataharinya.

Nah kalau tiga syarat itu sudah terpenuhi, kamu bisa meletakkan pot-pot tersebut, di sesuaikan dengan ruangan kamu agar terlihat cantik. Selamat mencoba ya!
(TIN)