EXTERIOR

5 Tanaman Pengusir Si Nyamuk Nakal

Mia Vale
Senin 11 Oktober 2021 / 10:00
Jakarta: Nyamuk, kehadiran serangga kecil ini tentu sangat mengganggu. Selain membuat bekas berupa bentol dan gatal, nyamuk juga bisa mendatangkan penyakit.

Solusinya, kamu bisa menggunakan losion antinyamuk, obat nyamuk aerosol atau bakar. Tapi, bagaimana jika kamu ingin mencoba hal baru lainnya selain di atas tadi?

Kalau begitu, alternatif yang bisa kamu lakukan, menanam tanaman untuk membantu mengusir nyamuk secara alami. Berikut tanaman yang bisa kamu tanam, menurut Garden Design.
 

1. Lavender


Aroma wangi yang berasal dari minyak esensial pada daun tanaman, membuat lavender tidak disukai oleh beberapa jenis hewan. Bahkan dikatakan, minyak lavender menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium.

Lavender hanya butuh sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meskipun bisa bertahan di banyak iklim, lavender tumbuh subur di dearah yang lebih hangat.
 

2. Rumput serai


Dengan baunya yang khas bak lemon, serai merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini dikenal paling efektif dalam mengusir hama. 

Serai paling baik ditanam di kebun luas, karena tidak tahan terhadap embun, dengan iklim yang lebih hangat atau cerah, dan sebaiknya ditanam di tanah.


tanaman
(Selain bisa mengusir nyamuk, bunga marigold juga punya arti keindahan, kekayaan, kemasyhuran, dan kehangatan yang dilambangkan melalui warna kuningnya cerahnya. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Marigold


Bunga tahunan yang mudah tumbuh ini mengeluarkan bau yang menghalangi nyamuk. Marigold bisa ditanam dalam pot dan diletakkan di pintu masuk rumah untuk mengusir serangga. 

Mereka tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang Meksiko, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.
 

4. Kayu putih


Pohon asli Australia, eucalyptus ini cocok untuk ditanam dalam pot. Karena pohon ini merupakan tanaman lunak yang tidak bertahan dalam pembekuan yang khas.bUntuk pot jangka pendek, pilih spesies yang tumbuh cepat seperti E. globulus subsp. bicostata, yang akan memberi banyak daun harum untuk dipanen dan mengusir nyamuk. 

Untuk tanaman yang akan hidup selama beberapa tahun dalam pot, pilihlah eucalyptus yang tumbuh lambat seperti E. vernicosa. Tanaman kayu putih menyukai sinar matahari penuh dan tanah yang subur.
 

5. Kemangi 


Bau menyengat yang dikeluarkan daun kemangi bisa mencagah hama. Tanaman pengusir nyamuk ini suka lembap, membutuhkan drainase yang baik, dan menikmati banyak sinar matahari. Kamu dapat menanam kemangi dalam wadah atau di kebun, sendiri atau dengan bunga lain, selama kedua tanaman memenuhi persyaratan yang sama.

Ternyata, tanaman untuk mengusir nyamuk, cukup simpel dan mudah menanamnya. Jadi, kalau tangan dan atau kakimu bentol-bentol, kamu tinggal pilih, mana tanaman yang ingin ditanam di rumah deh. Selamat mencoba ya!

(TIN)