EXTERIOR

Cara Menanam Bawang Putih

Kumara Anggita
Kamis 13 Agustus 2020 / 17:00

Jakarta: Dalam memasak pasti bawang putih tidak lepas dari bumbu yang biasa kita gunakan. Bawang putih menjadikan aneka masakan terasa lebih sedap dan gurih. 

Dalam masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, enggak ada salahnya jika kamu mulai untuk menanam bawang putih. Siapa tahu dengan kesuksesan kali ini, kamu bisa menanam bawang putih lebih banyak lagi.

Nah, caranya ternyata enggak susah kok. Kamu tinggal menyiapkan polybag untuk media menanam bawang putih. Siapkan media tanam di dalam polybag yang bisa kamu racik sendiri. Media tanam berisi tanah, pasir, sekam padi, pupuk organik atau tambahan kotoran kambing. 

Nah, kamu bisa ikutin cara-cara di bawah ini seperti dikutip dari Bible Garden:

1. Bawang putih yang sudah bertunas 

Kamu bisa memakai bawang putih yang sudah ada tunasnya. Untuk mendapatkannya, simpan bawang putih di lemari es selama satu hingga dua minggu tunasnya mulai tumbuh. Selain itu, Anda juga bisa menanam dengan bawang putih tanpa tunas. 

2. Bawang putih tanpa tunas

Siapkan bawang putih tanpa tunas dengan cara mengupas kulit luar. Kupas seperti saat ingin mengolahnya menjadi masakan.

Siapkan tanah untuk menanam bawang putih.

Siapkan tanah

Tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang bercampur dengan pasir, sekam padi, pupuk organik (biasa disebut media tanam). Jangan tanam di tanah liat, karena bawang putih tidak menyukai tanah lunak. 

Mulai menanam

1. Masukkan tanah ke polybag lalu tanam bawang putih sedalam dua sampai tiga sentimeter di tanah yang sudah di dalam pot atau polybag. Pastikan ujung runcing bawang putih menghadap ke atas agar tumbuh ke atas bukan ke samping. Tutupi lagi dengan media tanah.

2. Lakukan penyiraman dengan baik. Jangan sampai kering dan tidak membuat tanah menjadi becek. Sedanng-sedang saja.

3. Beri pupuk seminggu sekali. Dan jangan lupa berikan asupan paparan sinar matahari yang cukup.

4. Pada umur dua minggu, biasanya daun akan muncul dan mulai tumbuh. Pastikan untuk memperhatikan dan membasmi hama yang dapat merusak tanaman bawang putih Anda.

5. Bawang putih berumur 90 - 100 hari telah tumbuh dan siap kamu panen.


(TIN)