EXTERIOR

4 Manfaat Berkebun di Tengah Pandemi

Kumara Anggita
Selasa 11 Agustus 2020 / 10:40

Jakarta: Selama pandemi covid-19, kamu akan melihat banyak orang di sekitar jadi suka berkebun. Kegiatan yang mereka lakukan ini ternyata memberikan berbagai macam manfaat, baik secara psikologis maupun fisik, seperti:

Meningkatkan mood

Dikutip dari Psychreg, dalam survei yang dilakukan oleh rumah sakit di area San Francisco, 79 persen pasien merasakan peningkatan rasa tenang dan relaksasi setelah menghabiskan waktu di luar ruangan seperti taman. 

Dan, 19 persen lainnya melaporkan merasa lebih optimis dan positif dengan pandangan mereka. Sedangkan, 25 persen lagi menyatakan bahwa mereka merasa lebih kuat dan segar. Jadi dengan ini, mood akan bisa terjaga karena kamu bisa merasa lebih nyaman dan senang.

Mengurangi kecemasan dan stres

Harus diakui bahwa covid-19 telah membuat semua orang menjadi stres dan merasa cemas. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Physiological Anthropology, partisipan yang mengerjakan tugas yang melibatkan tanaman dilaporkan merasa lebih santai dan nyaman daripada mereka yang mengerjakan tugas administratif dan komputer.

Dan, studi lain yang ditemukan dalam Journal of Health Psychology menemukan bahwa berkebun menghasilkan penurunan stres dan kortisol (hormon stres) yang signifikan.

embed

(Partisipan yang mengerjakan tugas yang melibatkan tanaman dilaporkan merasa lebih santai dan nyaman. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Meningkatkan kualitas udara 

Tanaman, baik di dalam maupun di luar ruangan, adalah pemurni udara alami. Tanaman bisa menyerap polusi udara dan karbon dioksida serta melepaskan oksigen sebagai gantinya. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan sekaligus mengurangi paparan racun yang keras dan berbahaya.

Olahraga di taman bermanfaat bagi tubuh

Sekitar 80 persen orang dewasa di Amerika Serikat gagal untuk tetap aktif dalam kehidupan sehari-hari mereka, yang menyebabkan peningkatan risiko kondisi fisik dan mental.

Mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga obesitas, kanker, dan depresi. Berkebun bukan hanya hobi yang menyenangkan, tetapi juga merupakan sarana untuk membuat kamu lebih aktif secara fisik.


(yyy)