EXTERIOR

Cara Menghidupkan Kembali Tanaman yang Sudah Layu atau Mati

Raka Lestari
Senin 24 Mei 2021 / 12:17
Jakarta: Penampilan tanaman terkadang bisa menipu. Meskipun terlihat layu atau mati, tidak selalu bahwa tanaman tersebut memang benar-benar sudah mati. Jika tanamanmu terlihat layu atau mati, tidak perlu langsung merasa kecewa.

Kamu hanya perlu memerhatikannya lebih dalam karena mungkin saja kamu bisa menghidupkannya kembali. Lihatlah tanda-tanda berikut ini, maka tanamanmu bisa hidup kembali seperti yang disarankan oleh Reader's Digest berikut ini:
 

Perhatikan tanda-tanda kehidupan 


Jika masih ada sisa-sisa daun hijau pada tanaman, mungkin tanamanmu bisa hidup kembali. “Tanda-tanda hijau pada batang daun mengindikasikan ada kemungkinan tanaman bisa hidup kembali,” ujar pakar berkebun John Valentino, pemilik John & Bob’s Smart Soil Solutions.

Kamu juga harus memeriksa akarnya. Sebagai sistem pendukung tanaman, mereka memberikan banyak informasi tentang keadaan kesehatannya secara keseluruhan.
 

Cek apakah menyiramnya berlebihan


“Tanaman yang terendam air akan memiliki daun layu berwarna coklat atau kuning dengan tanah yang lembap,” kata Valentino. "Ini akan memengaruhi akarnya, yang bisa mulai membusuk." Jika ini yang terjadi, segera pindahkan tanaman.

Jennifer Morganthaler, instruktur pertanian di Missouri State University menyarankan untuk memindahkan tanaman yang disiram berlebihan tersebut ke tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, jangan menyiramnya lagi sampai tanahnya mengering.


tanaman
(Kamu bisa mengecek tanaman apakah tanaman kurang air atau malah kelebihan air. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Cek apakah tanaman kurang disiram


Sebaliknya, tanaman juga bisa kurang mendapatkan air. “Tanaman yang kurang mendapatkan penyiraman akan terlihat layu,” ujar Morganthaler. “Daun akan mulai mengering dan berwarna kecoklatan di ujungnya, lalu berubah menjadi coklat, mati, dan rontok. Tanah juga akan retak dan terlepas dari tepi pot.”
 

Buang daun yang mati


Tanaman yang layu kemungkinan akan memliki daun yang mati. Jika daun sudah benar-benar coklat maka tanamamn sudah benar-benar mati dan sebaiknya kamu menanam yang baru. 

Untuk membuangnya, potong daun yang mati dengan gunting atau gunting tanaman, atau cubit dengan lembut daun yang mati dengan ujung jari. 

Biasanya, daun-daun mati akan mudah lepas dari batangnya, tetapi jika sulit terlepas maka gunakan gunting.
 

Pangkas batangnya


“Pangkas kembali daun-daun yang mati, lalu buang juga bagian-bagian batang yang mati,” kata Valentino. "Idealnya, jika kamu ingin menumbuhkannya kembali tetapi batangnya sudah mati, sisakan batang setidaknya dua inci di atas tanah." 
(TIN)