EXTERIOR

7 Sayuran yang Mudah Ditanam dan Panen dalam Beberapa Minggu

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 26 Agustus 2020 / 16:40

Jakarta: Apakah kamu ingin menanam sayur tapi merasa butuh waktu terlalu lama? Nyatanya, ada sejumlah tanaman sayuran yang bisa cepat dipanen, bahkan hanya dalam beberapa minggu. 

Cara menanamnya pun tidak rumit. Kamu dapat menanam beberapa sayuran yang tumbuh lebih cepat dan memiliki beberapa pilihan makanan segar yang enak. Nah, berikut tujuh sayuran yang mudah ditanam dan bisa panen dalam beberapa minggu, dikutip dari Morning Chores!

1. Arugula

Arugula adalah sayuran hijau kecil yang indah yang memiliki rasa pedas. Jika, kamu ingin menambahkan sayuran hijau pedas ke dalam salad, kamu harus mempertimbangkan untuk menanam sayuran beraroma ini.

Kamu hanya perlu menanamnya dan memberikan waktu sekitar satu bulan untuk menghasilkan daun dewasa, lalu memotongnya saat kamu siap menikmatinya. 

Kemudian, tanaman akan terus tumbuh kembali setiap tahun. Sebab, arugula dapat ditanam setiap tahun di hampir semua zona dan dapat dipanen setelah 30 hari.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu hal pertama yang bisa dicoba bagi siapapun. Betapa sederhananya tanaman sayur ini bisa tumbuh. Pada dasarnya, kamu hanya perlu langsung menabur benih ke tanah yang berkualitas baik. Kemudian, menyiram dan menunggu. 

Sebelum kamu menyadarinya, dalam waktu sekitar 4-6 minggu kamu akan mendapatkan bayam segar. Bayam bisa menjadi tambahan yang bagus untuk salad apapun atau kamu bisa menyiapkan bayam segar menjadi tumisan maupun rebusan.

3. Wortel bayi

Wortel bayi atau baby carrots rasanya enak, merupakan camilan yang lezat untuk dinikmati. Tanaman ini tidak memakan waktu selama wortel berukuran besar, karena tidak harus tumbuh menjadi besar.

Jadi, bila kamu menyukai wortel dan menginginkannya dengan cepat, kamu pasti ingin memilih jenis wortel bayi. Tanam benihnya di tanah atau di taman kontainer.

Bagaimanapun, pastikan untuk langsung menabur benih di tanah yang berkualitas. Kemudian, dalam waktu sekitar 4 minggu, kamu akan mendapatkan panen pertama.

embed

(Arugula adalah sayuran hijau kecil yang indah yang memiliki rasa pedas. Foto: Dok. Morningchores.com)

4. Lobak

Lobak mungkin salah satu tanaman tercepat yang bisa kamu tanam. Jika, kamu ingin mencoba dan menanam sayuran sendiri, lobak adalah sayuran yang sangat baik untuk tumbuh cepat. 

Kamu hanya butuh gerakan yang singkat, yakni langsung menabur benih ini di tanah yang berkualitas. Lobak dapat dipanen dalam waktu sekitar 22-50 hari atau sekitar 3-6 minggu.

5. Pakcoy

Pakcoy atai bok choy adalah tanaman yang terlihat menyenangkan, tetapi juga tanaman yang bagus untuk ditanam. Sebab, dapat menghasilkan panen yang matang dalam waktu sekitar 30 hari atau hanya dalam waktu 4 minggu.

Jika, kamu mencari tanaman lain untuk ditanam yang akan menghasilkan panen cepat, kamu harus mempertimbangkan pakcoy. Tanaman ini tumbuh dengan baik dan daun individu dapat dipanen setelah 21 hari, atau 45-60 hari setelah tanam untuk keseluruhan batangnya.

embed

(Ketimun bayi dapat dipanen paling cepat 6 minggu setelah ditanam. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

6. Mentimun

Mentimun merupakan tanaman yang sangat serbaguna untuk tumbuh. Kamu bisa membuat banyak resep lezat dengan mereka. Bahkan, tanaman ini bisa dimakan begitu saja sebagai lalapan segar.

Kemudian, bisa juga menjadi tambahan yang baik untuk salad. Selain itu, kamu juga bisa membuar acar dengan memanfaatkan mentimun segar hasil panen sendiri.  

Namun, ketahuilah bahwa mentimun suka berlari, jadi kamu harus meletakkannya di atas teralis atau memberinya banyak ruang untuk tumbuh. Ketimun bayi dapat dipanen paling cepat 6 minggu setelah ditanam.

7. Selada

Selada adalah tanaman serbaguna. Ada begitu banyak varietas yang dapat dipilih sehingga kamu dapat memiliki rasa dan kerenyahan yang berbeda untuk masing-masing racikannya. 

Tetapi, hal yang hebat tentang selada adalah rasanya yang hangat. Sehingga dapat tumbuh di suhu yang lebih dingin, juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan panen yang matang.

Jika, kamu menginginkan sesuatu yang sehat, hijau, dan cepat, maka kamu harus mempertimbangkan untuk menanam selada. Bergantung pada varietas selada, waktu panennya pun hanya sekitar 4-8 minggu setelah ditanam.

Happy gardening!


(yyy)