EXTERIOR

6 Tanaman Terbaik yang Siap Mekar Saat Musim Hujan

Mia Vale
Minggu 24 Oktober 2021 / 08:00
Jakarta: Hujan sudah mulai rajin membasahi bumi. Dan musim hujan adalah musim terbaik untuk duduk santai memandang bunga bermekaran di taman, sambil ditemani secangkir teh dan camilan hangat.

Ya, hujan memberi efek menenangkan pikiran dan tubuh kita. Hujan juga membantu alam sembuh setelah musim panas. 

Bagi yang suka berkebun, hujan juga waktu terbaik untuk menanam tanaman. Tapi, tanaman apa ya, yang tahan banting musim penghujan seperti ini? Mengutip dari Fnpblog, kamu jadi tahu, tanaman apa yang bisa dinikmati kala deretan air singgah di atas bunga yang mekar.
 

1. Gulmohar (flamboyan)


Merupakan tanaman hias berbunga merah dan oranye terang yang dapat dilihat selama musim hujan. Orang mengagumi tanaman ini karena keindahannya di mana bunganya mengembang bak mahkota berbentuk payung selama beberapa waktu. Tanaman ini sangat cocok untuk menambah warna hijau subur pohonnya dan merah dari bunganya di taman.
 

2. Melati 


Tanaman merambat dari daerah beriklim tropis dan hangat ini banyak ditanam. Selain warnanya putih bersih, melati memiliki wangi yang khas. Namun begitu ada juga melati yang memiliki bunga berwarna kuning atau krem dan dapat berkembang sepanjang tahun.

Asyiknya, melati bisa tumbuh di pot atau di tanah langsung. Kesegaran hujan yang bercampur dengan aroma tanah dan wanginya melati, akan membuatmu malas untuk bergerak.


tanaman yang mekar di musim hujan
(Hibiscus atau sering kita sebut kembang sepatu selain cantik, ada pula yang mengolahnya untuk ditambahkan dalam teh, contohnya di cafe Jacob Koffie Huis yang disajikan secara dingin, terasa segar dengan rasa yang khas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

3. Hibiscus (kembang sepatu)


Tanaman berbunga asli daerah beriklim hangat, subtropis dan tropis di seluruh dunia ini, terdiri dari ratusan spesies yang banyak ditanam sebagai tanaman hias.

Dengan warna warni saat bunganya berkembang, menjadikan hibiscus penarik kupu-kupu dan burung. Pertumbuhan bunga yang cukup banyak saat musim hujan akan membuat taman terlihat indah. 
 

4. Marigold 


Merupakan tanaman tahunan bebas rewel yang membawa warna matahari. Bunga ini mudah menarik lebah, kupu-kupu, dan serangga. Biji marigold berkecambah dengan cepat dan mekar dalam waktu berkisar delapan minggu. Warna-warnanya pun beragam, oranye kekuningan dengan highlight merah, tembaga, emas, atau kuning. 
 

5. Cleome (bunga laba-laba)


Merupakan tanaman berduri tinggi dengan kelompok bunga. Bunga-bunga beraroma datang dalam berbagai warna, ada merah muda, putih, mawar dan ungu muda. Menanam cleomes di kebun membantu menarik serangga yang bermanfaat dan mengusir serangga jahat yang merusak tanaman. 
 

6. Cosmos 


Termasuk tanaman berbunga tahunan yang mudah tumbuh. Musim panas dan musim hujan adalah waktu terbaik untuk menanam bunga berwarna-warni ini. Merah, merah muda, ungu, dan merah tua dengan warna kuning di tengahnya ini menarik bagi burung, lebah, dan kupu-kupu untuk ke taman.

Bunganya duduk di atas batang ramping membentuk awan warna yang terlihat menarik. Jadi, sudah siapkah kamu untuk menikmati hujan sambil memandang indahnya bunga bermekaran di halaman rumahmu? 
(TIN)