EXTERIOR

Lotus: Pelajaran dari Si Bunga Sempurna

Mia Vale
Selasa 21 September 2021 / 20:16
Jakarta: Tumbuh secara ajaib dalam kondisi paling suram, lotus adalah simbol keberuntungan yang dihormati karena ketahanannya, dan tentu saja, keindahannya. 

Di sini, seperti rangkuman dari Mindbodygreen, kita akan melihat lebih dekat sejarah dan pentingnya bunga ini. Ditambah bagaimana kita dapat bekerja dengan simbolismenya dalam hidup diri sendiri. 
 

Sejarah bunga lotus


Pertumbuhan bunga lotus terjadi secara alami di banyak negara di Asia Tenggara dan Australia, mereka juga ditemukan dalam hieroglif Mesir kuno, serta cerita rakyat di Yunani kuno. Bunga lotus muncul di beberapa citra Buddha dan paling awal yang kita miliki di Asia Selatan
 

Arti dalam spiritualitas dan agama


Bunga lotus memiliki tempat di sejumlah agama, khususnya di Timur. Menurut Dheepa Sundaram, Ph.D., asisten profesor studi agama di Universitas Denver, bunga lotus dalam agama Hindu mewakili rahim alam semesta di mana segala sesuatu dilahirkan, serta mengatasi kesulitan. 

Bunga lotus juga mewakili hubungan tidak langsung dengan gagasan Budhis tentang jiwa universal. Bunga lotus dianggap sebagai simbol kemurnian dan transendensi, serta pemurnian dan pembebasan spiritual.

Transendensi sendiri artinya merupakan kesadaran ketuhanan atau kesadaran vertikal manusia, bukan secara agama saja tetapi secara makna apa saja yang melampaui akal kemanusiaan.


lotus
(Dalam Klikdokter disebutkan selain bunga ini cantik, dalam pengobatan tradisional Tiongkok bunga lotus punya manfaat untuk membantu melancarkan siklus menstruasi. Biasanya, akar, daun, dan batangnya dijadikan jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang menstruasi. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

Berbagai jenis bunga lotus dan artinya


1. Putih


Lotus putih dikaitkan dengan kemurnian, serta transendensi. Dalam fengsui, putih juga dikaitkan dengan elemen logam, yang memiliki kemampuan untuk "memotong" rintangan. 
 

2. Merah muda


Lotus merah muda (atau ujung merah muda) kadang-kadang menyertai dewa dalam citra Hindu. Dalam fengsui, pink juga dilihat sebagai warna yang lebih lembut yang diasosiasikan dengan energi feminin yang mengundang. 
 

3. Merah


Mewakili energi api. Bunga warna ini melambangkan inspirasi, gairah, dan ekspresi. 
 

4. Biru


Lotus biru (Nilotpala), selalu ditampilkan tertutup. Merupakan simbol khusus bagi umat Budha Mahayana yang menggambarkan potensi makhluk untuk menyadari sifat Budha bawaan mereka, yang kemudian dapat 'mekar' menjadi bodhisattva. 

Bodhisattva adalah orang yang mampu mencapai Nirwana tetapi menundanya karena belas kasih untuk membantu orang lain.

Siapa pun dapat membawa citra bunga lotus ke dalam rumah dan menjadikannya sebagai pengingat bahwa kita memiliki semua potensi untuk mengatasi semua tantangan dan menghasilkan sesuatu yang indah dan murni. 

Kita bisa belajar dari bunga tanpa cela ini laiknya sebuah metafora yang mengispirasi orang selama berabad-abad. Indah sekali bukan?
(TIN)