EXTERIOR

Tips Merawat Tanaman Microgreen

Timi Trieska Dara
Selasa 24 November 2020 / 12:31
Jakarta: Salah satu yang menjadi trend adalah hobi bercocok tanam. Baik dalam skala kecil atau skala besar. Berbagai tanaman juga menjadi hits termasuk salah satunya cara menanam microgreen.

Sepintas memang mirip dengan kecambah tapi kecambah dimakan akar dan semuanya, sedangkan microgreen ditanam di tanah, dan kita memakan daun dan batangnya. Microgreen biasanya dimakan segar. 

Nah, setelah dalam artikel Apa itu Microgreen? kamu sudah mengetahui cara  menanamnya, berikut ini cara merawat microgreen seperti dilansir dalam laman Better Homes & Gardens:
 

1. Perhatikan pembungkus


Saat kecambah mulai tumbuh, sekitar hari ketiga, lepaskan pembungkus atau kubah plastik. Lanjutkan mengaburkan beberapa kali sehari atau sesuai kebutuhan untuk menjaga tanah tetap lembap. 



(Merawat tanaman microgreen. Foto: Dok. Instagram Suze | Healing w/ living food/@livingfoodlove)
 

2. Menyiram dari nampan bawah


Banyak tukang kebun lebih suka menyiram dari bawah, menempatkan air di nampan bawah (atau wadah yang lebih besar), kemudian mengembalikan nampan bibit untuk direndam.
 

3. Daun yang mulai tumbuh


Ketika bibit mencapai tinggi sekitar dua atau tiga inci, periksalah tanaman untuk melihat apakah daun asli sudah mulai tumbuh di bawah daun benih yang umumnya berbentuk halus. Saat kuncup itu muncul, microgreen siap dipotong. Jadi, selamat mencoba ya!
(TIN)